Cara Membuat Blog WordPress di Localhost

248

Membuat Blog di localhost? Loh kok.. di localhost kenapa gak langsung aja di wordpress.com…woke oke..mungkin ada beberapa pertimbangan misalnya:

  1. Ingin belajar dan memahami struktur wordpress terlebih dahulu.
  2. Kebaikan dari wordpress.com yang menyediakan file untuk di install di localhost.
  3. Tidak mempunyai koneksi internet.

Dan tentunya terdapat berbagai keuntungan yang nantinya akan kita peroleh. Nah, ini dia..langkah-langkah installasi blog di localhost:

  1. Download wordpress 2.8.6 atau versi terbaru disini.
  2. Buat folder baru pada C:\xampp\htdocs (win XP), misal folder baru tersebut adalah ‘blogku. Jika anda belum menginstall XAMPP sebagai localhost silahkan ikuti langkah-langkah instalasi XAMPP di localhost.
  3. Ekstrak file wordpress hasil download, Copy semua file yang ada di dalam folder wordpess dan Paste ke C:\xampp\htdocs\ blogku. (inga..inga…yang di copy bukan folder wordpress nya tetapi file-file nya).
  4. Untuk membuat database blog blogku, pada browser ketik http://localhost/phpmyadmin/ pada bagian Create New Database isi dengan blogku_db, klik Create.

    phpMyAdmin

  5. Pada browser ketik http://localhost/blogku/
  6. Klik tombol Create a Configuration File.
  7. Klik tombol Let’s go!, kemudian pada Database Name dan User Name masing-masing isi dengan blogku_db dan root. Bagian password dikosongkan saja dan pada bagian Database Host dan Table Prefix masing-masing berisi localhost dan wp_. Klik Submit.

    intall wordpress di localhost

  8. Klik tombol Run the install.
  9. Pada bagian Informatian Needed isi Blog Title dan Your E-mail masing-masing dengan title yang anda inginkan dan e-mail anda. Misal masing-masing diisi oleh Blog Ku dan youremail.blogku@gmail.com kemudian klik Install WordPress
  10. Success! Blog Blogku telah berhasil di buat dengan Username dan Password sesuai yang diberikan (Simpan Username dan Password).
  11. Klik Log in dan masukan username dan password yang di berikan tersebut.

Nah,,sekarang kita berada di Dashboard dan siap membuat postingan baru dan menentukan pengaturan blo. Untuk melihat tampilan default halaman blog, silahkan ketik http://localhost/blogku/ di browser anda.

O, iya..jika nantinya anda ingin mengakses halaman login blogku, akses saja http://localhost/blogku/wp-admin

Jika anda ingin menginstall langsung di wordpress.com, silahkan ikuti Cara Membuat Blog di Worpress.com

-semoga bermanfaat-

SHARE
Previous articleVisual Editor tinyMCE WordPress 2.8.6 Bermasalah
Next articleSejarah Perkembangan WordPress
"Jangan kecewa apabila hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan, Percaya bahwa semuanya adalah kesuksesan, bukan kegagalan. Mengapa saya punya banyak kesuksesan? saya tahu banyak usaha yang gagal." - Thomas Alfa Edison -