Cara Upload/Mengganti Tema pada Dashboard Terbaru Blogger

396

Sudah lama tidak ngecek blog abal-abal saya di blogspot, pengen ngecek jumlah pengunjungnya, maklum sudah lama juga tidak posting disana. Setelah log in, ternyata ada semacam notifikasi bahwa blogger atau blogspot memiliki tampilan dashboard baru. Ya saya klik link tersebut dan sim salabim dashboard bloggernya berubah.

Menurut saya sih lebih enak dipandang daripada yang dulu yang terkesan jadul. Maklum sejak saya mengenal blogger dashboardnya gitu-gitu aja. Bagi blogger yang setiap hari berkutat dengan blogspot mungkin ini bukan berita baru. Tapi tak ada salahnya saya tulis disini. Siapa tahu ada yang belum tahu. (Ngaku aja lagi gak ada ide untuk postingan hehe… )

Kalau diperhatikan, Google sejak beberapa bulan lalu memang melakukan beberapa perubahan tampilan pada beberapa situs yang ia miliki. Seingat saya sejak Google Plus diluncurkan, tampilan search engine maupun gmail ikut berubah. Kedua layanan tersebut memang yang hampir setiap hari saya gunakan.  Menurut saya, tampilannya lebih enak dipandang dan user friendly.  Dan sekarang saya baru merasakan tampilan baru dari dashboard blogger.

Di dashboard yang baru ini, menu-menu utamanya berjejer di sisi kiri hampir sama dengan dashboard wordpress.  Dengan warna background putih, tulisan grey dan link/hover berwarna orange cerah terkesan lebih bersih dan rapi. Cuma setelah saya cobain klik satu persatu menu tersebut, saya tidak menemukan tempat untuk mengganti tema blogger yang biasa kita upload dari kompi kita.  Hmm…

Mengganti Tema pada Dashboard Baru Blogger.

Setelah agak bingung cukup lama, akhirnya saya menemukannya yaitu disebelah kanan atas pada menu template. Disana ada fitur Back Up/Restore.  Untuk tutorial lengkap tentang mengganti tema pada dashboard baru blogger,  ikuti langkah-langkah berikut.

Log in dulu dengan akun blogger sobat, jika sobat masih menggunakan dashboard lama dan ingin mencoba tampilan baru silahkan klik pada link yang terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

tampilan baru blogger

Masuk ke menu template dan lihat disebelah kanan atas ata fitur Back Up/Restore lalu klik

tampilan baru blogger copy

Muncul tab baru, disana ada tombol buat download tema lama dan upload tema baru, pasti sudah pada familiar tentang fungsi keduanya. Hehe..

tampilan baru blogger copy 2

Selamat mencoba, tapi jika sobat belum familiar dengan dashboard baru tersebut, sobat bisa memilih kembali ke dashboard yang lama. Silahkan dipilih sesuai selera ^^

  • makasih om emang top dah

  • I absolutely love your blog and find a lot of your post’s to be precisely what I’m looking for. Would you offer guest writers to write content for yourself? I wouldn’t mind composing a post or elaborating on a lot of the subjects you write regarding here. Again, awesome blog!

  • Pingback: WordAds, sekarang bisa pasang iklan di wordpress.com | magzimp.com()

  • I would like to thanks a ton for the work you’ve put in writing this web site. I am hoping the same high-grade webpage post from you in the upcoming also. The fact is your original writing abilities has inspired me to get my own site now. Actually the blogging is spreading its wings fast. Your write up is the best example of it.

  • vindya

    kok q coba g’ bisa ya..?
    mlh dpt knfirmasi kyg gini: “Kami tidak dapat menyimpan template Anda.
    Template Anda tidak dapat diuraikan karena template tidak terbentuk dengan baik. Pastikan semua elemen XML ditutup dengan benar. pesan galat XML:
    Content is not allowed in prolog.”
    mksud ny ap ya?

    • itu mungkin ada koding yang kurang lengkap… coba periksa lagi