Belajar Adsense : 7 Produk yang Bisa Dimonetisasi Oleh Google Adsense

1582

Sejak blog berbahasa Indonesia diizinkan dimonetisasi oleh Google Adsense, banyak blog yang mulai memasang Adsense di blognya. Kami pun tak ingin ketinggalan dan langsung mendaftar. Alhamdulillah langsung diterima dan mulai belajar Adsense.

Beberapa hari lalu, saya blogging dan tersesat pada sebuah blog yang bercerita tentang memasang Adsense pada domain yang tidak terpakai. Menarik bagi saya, karena berarti kita tidak perlu repot-repot menulis artikel. Ketika saya telusuri lebih lanjut Adsense untuk Domain tersebut sudah tidak berlaku lagi sejak tanggal 18 April 2012. Huuh… tapi jadi kepikiran, tentang produk apa saja yang bisa dimonetisasi oleh Google Adsense.

Setelah menelusuri pusat bantuan Google Adsense, akhirnya saya menemukan 7 Produk yang bisa dimonetisasi oleh Google Adsense sebagai berikut;

1. Adsense For Content (AFC)

Adsense For Content (AFC) atau AdSense untuk konten adalah adsense yang paling umum dikenal oleh blogger, termasuk saya yang masih newbie. Ini diperuntukan untuk pemilik blog atau website. Iklan dikaitkan dengan hal yang dicari pengunjung di blog kita, sehingga iklan tersebut meningkatkan laman konten kita sementara kita memperoleh penghasilan dari iklan tersebut.

2. Adsense For Search (AFS)

AdSense For Search (AFS) atau Adsense untuk Penelusuran adalah Adsense yang dipasang pada hasil pencarian Google Custom Search. Kita bisa memasang Google Custom Search di blog atau website kita. Hasil pencariannya bisa kita tempatkan di blog kita atau pun di halaman khusus milik Google Custom Search. Nah kita mendapatkan dollar ketika iklan pada halaman hasil pencarian diklik pengunjung.

3. Adsense For Video (AFV)

Adsense For Video (AFV) atau AdSense untuk video adalah Adsense yang dipasang pada video seperti sering kita lihat di Youtube. AdSense untuk video menggunakan Google Interactive Media Ads (IMA) SDK yakni teknologi yang memungkinkan kita meminta iklan dari dalam pemutar video Flash.


IMA SDK adalah ekstensi untuk Adobe ActionScript 3. Ekstensi ini memungkinkan pengembang untuk membuat permintaan iklan pada jaringan AdSense, menafsirkan respons iklan, dan menampilkan iklan. Banyak penayang video daring terkemuka di dunia menggunakan IMA SDK untuk meminta dan menampilkan iklan video.

4. Adsense For Game (AFG)

Adsense For Game (AFG) atau AdSense untuk permainan merupakan produk yang memungkinkan Anda untuk memperoleh penghasilan dari permainan berbasis-web Anda. Hampir sama dengan AdSense For Video (AFV), Adsense For Game (AFG) pun menggunakan Google Interactive Media Ads (IMA) SDK . Banyak penyaji permainan terkemuka di dunia menggunakan IMA SDK untuk meminta dan menampilkan iklan dalam-permainan. Jadi jika anda adalah pengembang game berbasis web, bisa dimonetisasi dengan AFG ini.

5. Adsense For Mobile (AFM)

Adsense For Mobile (AFM) atau AdSense untuk penelusuran seluler memungkinkan penayang memperoleh penghasilan dari laman web seluler mereka menggunakan iklan Google bertarget. Dengan AdSense untuk penelusuran seluler, Google mencocokkan iklan dengan konten dari situs versi seluler kita dan kita memperoleh pendapatan setiap kali pengunjung situs versi seluler mengeklik iklan.

AdSense untuk penelusuran seluler ditujukan untuk situs web yang dirancang dengan mempertimbangkan ponsel lawas berfitur biasa. Jika website kita menggunakan bahasa markup khusus seluler dan membutuhkan kode iklan sisi server, berarti kita harus menggunakan produk ini.

6. Adsense For Feed (AFF)

Adsense For Feed (AFF) atau AdSense untuk feed memungkinkan kita memperoleh penghasilan dengan menempatkan iklan bertarget di feed RSS dan Atom blog kita. Jika blog kita memiliki pelanggan feed yang banyak, Adsense For Feed ini bisa kita manfaatkan untuk menambah pundi dollar kita.

7. Adsense For Domain (AFD)

Adsense For Domain (AFD) atau Adsense yang dipasang pada domain yang belum tidak digunakan. Ketika pengunjung mengakses domain tersebut, maka yang muncul adalah iklan adsense. Ketika pengunjung mengklik iklan disana, maka kita akan mendapatkan dollar tambahan. Sepertinya menarik karena tidak perlu repot membuat artikel. Tapi sayang Layanan Adsense For Domain (AFD) ini sudah dihentikan oleh Google sejak tanggal 18 April 2012 kemarin. Berikut cuplikan pernyataan Google di pusat bantuan Google Adsense,

18 April: Domain yang diinangi akan dinonaktifkan dan tidak dapat dimanfaatkan lagi untuk memperoleh penghasilan. Semua domain yang diinangi di AdSense akan berhenti menayangkan iklan dan mengakumulasi penghasilan. Setelan dan kanal domain masih dapat diakses, namun dalam status hanya baca di AdSense.


Meski AFD sudah tidak tersedia, tapi masih ada 6 pilihan Adsense yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Pilih sesuai selera dan kemampuan. SEMANGAT! 😆

  • Norman

    untuk Adsense for Content itu artikel di blog kita harus sesuai dengan produk yang diiklankan ma GA ya?
    apa aja syarat buat bisa pasang AFC?
    masi newbie nih..
    thx