Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Teknik Domain Turunan

Advertisements

Tulisan tentang cara meningkatkan penjualan toko online dengan teknik domain turunan ini, idenya muncul ketika kemarin saya mencari sebuah mesin pengolahan makanan lewat Google. Maksudnya pengen buka bisnis baru buat sang istri. Itupun jika memungkinkan maksudnya dari segi modal dan waktu.

Pertama saya masukan kata kunci umum yang ada kata “mesin” dan “makanan”. Hasilnya saya sortir, lalu yang terpilih saya bookmark di browser. Selanjutnya saya googling lagi dengan kata kunci yang lebih spesifik seperti “mesin pembuat es krim”. Hasilnya saya sortir lagi dan yang terpilih saya bookmark.

Dari 2 kali googling tersebut, saya menemukan hal menarik. Ada sebuah toko online yang menjual mesin pembuat es krim yang masih satu perusahaan dengan toko online yang menjual mesin pembuat makanan! Inilah yang saya sebut sebagai teknik domain turunan.

Ilustrasi sederhananya seperti ini, si perusahaan membuat toko online utama dengan domain mesinpembuatmakanan.com untuk nembak kata kunci “mesin pembuat makanan”. Pada toko online tersebut dijual berbagai jenis mesin pembuat makanan salah satunya adalah mesin pembuat es krim. Untuk meningkatkan penjualan mesin pembuat es krim tersebut, di buatlah toko online baru dengan domain mesinpembuateskrim.com untuk nembak kata kunci “mesin pembuat es krim” pada mesin pencari.

infografik link building untuk toko online

Hasilnya, perusahaan tersebut mendapatkan pembeli potensial dari mesin pencari baik untuk kata kunci “mesin pembuat makanan”  maupun “mesin pembuat es krim”. Sudah jadi rahasia umum bahwa pengunjung dari mesin pencari bagi sebuah toko online sedap rasanya :lol: Tentu saja akan berimbas pada meningkatnya penjualan.

Keuntungan Teknik Domain Turunan di mata SEO

Karena kedua kata kunci yang dibidik ada pada domain atau kata kunci = domain maka tidak akan terlalu sulit bagi kedua toko online tersebut untuk berada dihalaman depan dari hasil pencarian.

Dengan membuat toko online baru untuk kata kunci turunan maka akan menguatkan posisi toko online utama di mata mesin pencari. Toko online turunan akan memberi link yang berkualitas ke toko online utama. Menurut para master SEO, link dari website sejenis maknyus rasanya :lol:

Semakin banyak toko online turunan yang dibuat semakin besar pulang menangkap pembeli potensial dan semakin kuat posisi toko online utama di mesin pencari. Semakin kuat di mesin pencari, semakin banyak pula pembeli potensial yang akan berkunjung dan semakin besar juga peluang untuk meningkatkan penjualan.

Keuntungan Teknik Domain di Mata Pembeli

Waktu saya melakukan pencarian untuk menemukan “Mesin Pembuat Makanan” tersebut, saya menempatkan diri sebagai seorang calon pembeli. Sebagai seorang konsumen, saya cenderung tertarik pada perusahaan yang memiliki banyak cabang. Kesannya barang dagangannya laku dan perusahaannya keren. Begitupun dengan toko online, toko online yang memiliki banyak turunan akan dipandang laku dan serius berjualan. Jika konsumen sudah merasa percaya maka penjualan tinggal menunggu waktu.

Selamat mencoba… Ini hanyalah pendapat saya tentang cara peningkatkan penjualan toko online. Bagaimana pendapat sobat?


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. barkah
  2. OnePromoShop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *