Menyiasati Writer’s Block pada Blogger

373

Writer’s Block adalah kondisi dimana seorang penulis mengalami kebuntuan sehingga tulisannya tidak berlanjut. Kurang lebih begitulah pengertian Writer’s Block versi pemahaman saya. Untuk definisi lebih baik bisa dicari di Google atau blog para penulis.

Hantu Writer’s Block ini bisa menyerang semua penulis, baik yang sudah master apalagi yang newbie. Karena blogger pada prinsipnya penulis juga maka Writer’s Block ini bisa menimpa kita semua sebagai empu sebuah blog. Fenomenanya bisa dilihat pada blog yang postingan terakhirnya beberapa bulan lalu atau bahkan tahun lalu. Lama tidak update dan tidak terawat. (Terkecuali jika sang author telah menyatakan pensiun dini. hihi…)

Blogger’s Block

Biar sedikit berbeda dengan penulis, saya ganti istilahnya jadi Blogger’s Block. (Kelihatannya keren!). Writer’s Block untuk penulis secara umum dan Blogger’s Block khusus bagi blogger yang notabene adalah penulis juga.

Penyebab Blogger’s Block ini biasanya tidak lepas dari kemalasan, kesibukan, ide atau inspirasi yang lagi kosong dan sedang lemahnya motivasi. Tulisan ini bukan tentang bagaimana cara mengatasi penyebab – penyebab tersebut, tapi lebih pada menyiasati bagaimana sebuah blog bisa lolos atau meminimalisir pengaruh gangguan Blogger’s Block yang pasti datang kapan saja.

Sumber gambar disini

Postingan terjadwal

Suatu waktu, otak kita penuh dengan ide dan inspirasi, tapi dilain waktu malah sebaliknya. Nah pada saat ide sedang banyak tersebut, kita harus menulis sebanyak – banyaknya tulisan. Namun tulisan tersebut jangan diterbitkan sekaligus tapi diatur supaya terbit secara berkala. Bisa satu hari satu positngan, atau setiap dua hari sekali atau bahkan seminggu sekali tergantung jumlah tulisan kita.

Maksud saya bukan tidak boleh menerbitkan beberapa postingan dalam satu hari tapi bagaimana mengukur kemampuan kita untuk menelurkan postigan. Jika dalam satu bulan kita mampu membuat 4 buah postingan, kita bisa atur supaya terbit tiap seminggu sekali. Manfaatnya tentu saja untuk menyiasati ketika Blogger’s Block sedang mendekap erat. Jadi blog terlihat tetap update. Manfaat lain postingan terjadwal ini adalah konon dapat nilai plus di mata Google. (begitu kata master SEO)

Saya sering kagum pada blog yang bisa menerbitkan postigan setiap hari secara kontinyu. Luar Biasa! Kalau kemampuan menulis kita sudah pada level seperti ini, abaikan saja masalah postigan terjadwal ini.

Untuk urusan teknis cara membuat postigan terjadwal ini, pernah saya singgung sedikit pada postingan Cara membuat postingan.

Blog Keroyokan (Multi Author)

Blog keroyokan alias banyakan bin rame-rame maksudnya adalah blog yang dikelola oleh banyak orang alias author. Jadi penulisnya banyak (tepatnya lebih dari satu orang). Blog keroyokan mempunyai kemungkinan tetap update lebih besar daripada blog yang dikelola perorangan. Jika salah seorang kena Blogger’s Block, author yang lain tetap akan menulis sehingga blog tetap update.

Contohnya lihat saja portal-portal berita, pada dasarnya itu adalah blog yang dengan banyak penulis. Jadi lihat saja jumlah postingan perharinya. Mereka seperti tidak pernah mengalami Blogger’s Block. Padahal sama saja mereka pun mengalaminya, cuma karena penulisnya banyak jadi tertutupi oleh tulisan dari author lain.

Saya sering menemukan blog – blog dengan tulisan yang luar biasa pada tema masing – masing di wordpress.com. Ada tentang teknologi, makanan, kesehatan, psikologi, olahraga, relationship atau pendidikan. Pernah kepikiran, jika saja mereka bersatu membuat sebuah blog bukan tidak mungkin mereka akan mengalahkan detik atau jadi the next kompasiana. (#mimpi hehe..)

Undang Blogger Tamu

Blogger tamu adalah blogger lain yang ikutan menelurkan postingan di blog kita. Mengundang mereka merupakan salah satu cara untuk menabung tulisan. Tentu saja harus ada nilai tambah supaya blogger tamu mau datang dan menulis, minimal blog kita telah berpagerank. Semakin tinggi pagerank blog kita maka akan semakin menarik dimana para blogger tamu. Mereka akan mendapatkan link berkualitas ke blog mereka. Selain tentu saja dapat limpahan pengunjung.

Ada cara yang lebih keren untuk mengundang blogger tamu yaitu dengan memberikan upah atas tulisan mereka. Tentu saja ini khusus blog yang bermodal besar atau telah berpenghasilan besar.

Jika saya perhatikan, blog besar dan terkenal seperti smashingmagazine.com juga menggunakan jasa blogger tamu untuk terus menjaga blognya tetap update. Saya tidak tahu apakah mereka menerapkan sistem upah atau tidak, yang jelas menulis disana bisa menambah popularitas dan limpahan pengunjung yang cukup besar.

Jurus terakhir, Paksakan!

Jika stok tulisan telah habis, pengelola blog cuma kita saja dan sangat tidak mungkin mengundang blogger tamu, sedang hantu Blogger’s Block masih mendekap otak kita, apa yang harus dilakukan? (Kondisi yang didramatisir)

Stt.. jangan bilang siapa – siapa, ini jurus terakhir sekaligus nasehat dari ibu saya. PAKSA!

Yup… paksakan untuk menulis. Tulis apa aja yang masih bisa ditulis. Jika tetap tak bisa, tulis tentang kemalasan itu sendiri, semacam curhat pun tak apa-apa. Yang penting menulis. Setelah kita berhasil menerbitkan postingan lagi, maka semangat untuk terus update biasanya akan muncul kembali.

Tulisan ini pun sebenarnya bentuk pemaksaan. Saya lihat postingan terakhir hampir 2 minggu yang lalu. Gawat! Blogger’s Block kali ini cukup parah sehingga untuk merampungkan sebuah draft tulisan sangaaaaat berat. (Beberapa draft memang ada tapi belum selesai tulisannya).

Akhirnya saya putuskan untuk menulis tentang kemalasan itu sendiri, dengan beberapa penyesuaian supaya tidak terlihat terlalu curhat akhirnya jadilah tulisan ini.

Memang kemalasan jika dibiarkan malah seenaknya menguasai diri kita. Perlu sedikit PEMAKSAAN untuk mengusirnya.

Salam PAKSA!

SHARE
Previous articleCara Reset auto_increment mySQL Database
Next articlejQuery UI : Modal Message
Seorang desainer sekaligus blogger dengan hobi tidur siang. Hanya belajar, belajar dan belajar.... Seperti kata naruto "Tak ada jalan pintas untuk menjadi seorang Hokage".
  • jurus terakhir kadang saya pakai, walaupun posting tidak penting yang penting update đŸ˜€