Plugin WordPress untuk Menampilkan Aplikasi Android di Postingan

495

Ketika menulis tentang review sederhana tentang Aplikasi Android Al-Qur’an dengan Terjemahan Indonesia dan juga Turnament Clash Royale Terbesar Tahun ini, saya kepikiran untuk menampilkan aplikasi Android untuk kedua aplikasi tersebut di dalam postingan yang saya buat. Karena magzimp.com ini berbasis wordpress maka langsung saja saya cari Plugin WordPress untuk Menampilkan Aplikasi Android di Postingan tersebut.

Setelah mencoba beberapa keyword di kotak pencarian plugin di dashboard wordpress, menemukan beberapa plugin yang memang fungsinya untuk menampilkan aplikasi android di postingan. Setelah dicoba satu persatu akhirnya jatuh di plugin yang bernama PLAYBOARD ANDROID APP WIDGET.

playboard-android-app-widget

Alasan saya memilih plugin tersebut untuk menampilkan aplikasi android di postingan karena cara menggunakanya sangat mudah dan tidak perlu banyak proses. Newbie friendly pokoknya 😀

Cara Menampilkan Aplikasi Android di Postingan

Sekarang mari kita lanjut ke cara menampilkan aplikasi android di postingan dengan menggunakan plugin Playboard Android App Widget tersebut. Asumsi saya Anda telah  menemukan plugin tersebut dan berhasil menginstallnya di blog atau web Anda.

Pertama-tama tentu saja Anda harus membuat sebuah postingan atau halaman, lalu masukan kode berikut,

Selanjutnya kita tinggal mengganti keempat parameter tersebut. Mudahnya kita tinggal buka playstore dan temukan aplikasi yang ingin kita tampilkan. Untuk ID APLIKASI tinggal copy pada akhir url aplikasi tersebut di playstore.

id-aplikasi-android

Untuk NAMA APLIKASI, tinggal kita copy juga dari nama aplikasi tersebut yang muncul di playstore.

nama-aplikasi-android

JENIS TEMA adalah pilihan tema yang akan tampil di postingan, pilihannya ada DISCOVER, LIGHT dan DARK. Sementara untuk BAHASA tinggal isikan aja ID untuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia :D.

Misal saya pilih tema DISCOVER maka kode akhirnya akan tampak seperti berikut,

Untuk hasil akhir tampilan di postinganya bisa dilihat di artikel Aplikasi Android Al-Qur’an dengan Terjemahan Indonesia Lengkap.

Apakah ada cara yang lebih mudah?

Yang lebih mudah sebenarnya ada karena nama plugin ini ada widgetnya, maka ketika kita berhasil menginstallnya di dashboad post kita akan muncul widget baru untuk mempermudah penggunaan plugin ini.

playboard-app-widget

Sebetulnya kita tinggal isi aja semua lalu tinggal pilih Generate. Tapi entah kenapa shotcode yang dihasilkan tidak bisa dicopy paste. Jadi pilihan saya lebih enak menggunakan cara yang pertama. Selain itu jika menggunakan widget tersebut tak ada pilihan untuk ID bahasa Indonesia.

Itulah Plugin WordPress untuk Menampilkan Aplikasi Android di Postingan yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 😀