Membuat Blog atau Website Versi Mobile dengan Mudah

261

Untuk membuat Blog atau Website Versi Mobile untuk magzimp ini, saya pernah menggunakan WordPress Mobile Pack. Lumayan komplit tapi kekurangannya kita tidak bisa mengedit tampilan dari blog atau website versi mobile yang kita buat. Nah kemarin saya bersih – bersih email dan menemukan newsletter dari blognya Google Adsense. Mereka menginformasikan bahwa Google bekerja sama dengan Dudamobile untuk melayani pembuatan blog atau website versi mobile secara mudah.

Langsung saja saya nyobain, lumayan mumpung gratis. Karena menurut informasi yang saya baca layanan ini hanya gratis selama satu tahun. Setelah itu harus yang bayar.  Hehe… Satu tahun tak masalah bukan? Yang penting gratis :D. Jika anda pun ingin mencoba silahkan langsung klik disini.

Masukkan url blog atau website kita lalu submit. Setelah itu kita akan diberi tahu bahwa Dudamobile mendeteksi url yang kita masukan tadi berupa blog. Ya iyalah magzimp kan sebuah blog. Pinter juga nih si Dudamobile. Setelah itu tinggal pilih tema mobile untuk blog kita.

magzimp versi mobile

Tahap selanjutnya adalah mengedit blog mobile kita. Ini adalah fitur yang sangat menarik menurut saya. Karena kita bisa menyesuaikan tampilan mobile blog kita. Pilihannya pun banyak mulai dari header, blog post, form komentar dan footer. Logo blog kita pun bisa kita perbesar dan perkecil sesuai keinginan. Kita pun bisa menambahkan halaman baru untuk kategori misalnya.

Nah salah satu opsinya adalah kita bisa memasang adsense untuk mobile. Tapi saya ketika dicoba ternyata khusus untuk akun berbayar aja. 🙁 Memang nyari dollar harus pake dollar juga ternyata. Hehe.. Tapi tak apalah setelah selesai melakukan editing. Tinggal kita save.

Tahap terakhir adalah redirecting. Artinya supaya pengguna iphone, android, windows phone, blackberry  dan yang lainnya yang berkunjung ke blog kita akan langsung dialihkan ke tampilan versi mobile yang telah kita buat tadi. Caranya kita bisa menyisipkan script yang mereka sediakan pada index.html dari blog kita. Atau bisa menggunakan plug in bagi blog berbasis wordpress.

Oh iya kita pun akan diberi link untuk bisa melihat tampilan versi mobile dari blog kita. Untuk blog ini, bisa dilihat prieviewnya disini. Selamat mencoba.