Belajar Menentukan Kata Kunci atau Keyword

450

Setelah menentukan tema, selanjutnya saya belajar menentukan Kata Kunci atau Keyword yang dibidik oleh blog niche yang akan saya buat. Keywordnya tak jauh-jauh dari tema yang telah dipilih pada postingan sebelumnya tentang belajar membuat blog niche untuk afiliasi amazon yaitu seputar Baby Crib Bedding.  Salah satu syarat dalam DBN adalah kata kunci atau keywordnya memiliki volume pencarian exact  global minimal sebesar 1.000. Datanya diambil dari Google Keyword Internal yang bisa kita gunakan secara gratis.

Langsung saja kita masuk ke Google Keyword Internal. Selanjutnya biar lebih jelas, lihat gambar dibawah ini

cara membidik keyword

Masukan Tema yang telah kita pilih, lalu centang pada opsi “Only Show ideas closely bla bla bla” untuk mendapatkan pilihan lain dari kata kunci atau keyword yang akan kita bidik. Lokasi dan bahasa pilih amerika karena yang target pengunjung dari blog niche yang akan dibuat adalah dari sana.
Untuk tipe pencarian pilih Exact sesuai dengan syarat DBN. Ketika pertama kali membuka Google Keyword Internal ini, kita diharuskan mengisi capctha. Jika telah selesai tinggal tekan tombol ‘Search’. Lalu hasilnya akan muncul kemudian..

Ternyata keyword “Baby Crib Bedding Sets” memiliki tingkat kompetisi yang tinggi dengan volume pencarian global 1.300 dan local 1.000. Sudah memenuhi syarat untuk ikut serta dalam DBN ini.

Saya pernah membaca kalau ingin cepat dapat rangking pertama di Google sebaiknya memilih yang tingkat kompetisinya Low atau minimal Medium. Tapi karena males mikir lagi ya udah saya pilih itu saja. Lalu keyword idea yang lain bisa kita download dan simpan, bisa kita bidik sebagai keyword turunan dari keyword utama kita.

Supaya lebih yakin, klik pada keyword pilihan kita nanti ada opsi dan pilih Google Insights for Search untuk melihat volume pencarian pada google trend. Kemudian Google Trend akan memperlihatkan grafik volume pencarian yang sesungguhnya. Seperti tampak pada gambar berikut ini,

keyword dalam google trend

Untuk kurun waktu pilih saja 12 bulan terakhir supaya masih relevan dengan saat ini. Ternyata pengunjung yang mencari dengan keyword ‘Baby Crib BeddingSets’ memang dari Amerika. Bahkan kita bisa melihat dari Kota mana saja pengunjung yang sering mencari dengan keyword tersebut.  Ada istilah terkait yang ditampilkan yang bisa kita gunakan sebagai keyword turunan juga.
Kesimpulannya, keyword ‘Baby Crib Bedding Sets’ masih banyak dicari oleh orang Amerika sana sampai saat ini.

Riset Pesaing

Ada pepatah mengatakan mengenal kekuatan musuh adalah setengah dari kemenangan. Dalam berkompetisi memperebutkan peringkat pertama di Google pun seperti itu. Kita harus melihat calon pesaing kita yang sekarang sudah tampil di urutan dan halaman pertama Google.

Ada banyak tool yang bisa kita gunakan untuk meriset pesaing kita, untuk yang gratis bisa menggunakan Serpattack. Untuk yang berbayar bisa menggunakan Market Samurai atau Long Tail Pro. Meskipun berbayar kita bisa menggunakan versi trial buat coba-coba. Untuk tutorialnya bisa cari di Google, soalnya saya tidak mahir untuk urusan riset pesaing seperti ini.

Terus bagaimana saya melakukan riset pesaingnya? Karena saya pemula dalam hal tembak menembak keyword jadi cara yang saya gunakan sangat sederhana. Hanya dengan menggunakan Google saja. Caranya ya tinggal masukan kata kunci atau keyword ‘Baby Crib Bedding Sets’ di mulut Google.com.  Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini,

statistik pesaing di page one google

Ternyata yang menguasai peringkat 1 adalah Amazon. Lucu ya… padahal rencananya yang akan saya jual adalah produk amazon juga. Pesaing lainnya di halaman pertama kebanyakan dari Online Store terkenal di amerika sana. Wuih bakalan berat nih 😳 . Karena saya menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser jadi saya aktifkan Add-ons SEOQuake untuk melihat data dari tiap calon pesaing kita. Karena datanya banyak dan bikin pusing pemula seperti saya jadi saya pokus di Pageranknya saja. Kisarannya antara 0-4, malah ada yang n/a juga.

Namun ada celah sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk bersaing dengan mereka. Online Store biasanya menggunakan brand atau nama perusahaannya sebagai domain sehingga jika kita mencantumkan keyword dalam domain kita maka itu bisa jadi sisi unggul kita dalam bersaing.

Trus nama domainnya jadi panjang dan tidak lucu dong? Menurut saya tidak apa-apa karena saya tidak sedang mengembangkan sebuah brand, saya hanya nembak keyword 😆 . Saya tidak terlalu risau apakah pengunjung akan mengingat domain kita atau tidak. Berbeda dengan domain blog ini. MAGZIMP, saya tidak nembak keyword pada domain magzimp tapi saya sedang memperkenalkan sebuah nama atau brand.

Mengenai Pagerank juga tidak terlalu risau karena ternyata yang Pageranknya masih n/a pun bisa tampil di halaman pertama. Namun idealnya blog saya harus dapat mencapai pagerank minimal 3 supaya mempermudahkan jalan kita mendapat rangking pertama di Google.

Demikianlah, saya mantap nembak keyword “Baby Crib Bedding Sets”


UPDATE Statistik Blog Niche

Pada tanggal 20 Februari, pageview berdasarkan wordpress stat mencapai 62 views, mayoritas dari Google. Ada 2 pengunjung dari blog ini. Postingan baru satu buah itupun hasil dari ngarang sendiri dengan sumber barang di amazon lalu di dirubah kedalam bahasa Inggris dengan Google Translate. Rencananya artikelnya akan beli sebagian dan ngarang sebagian.  Namun sejak tanggal 27 Februari, blog saya mengalami gangguan teknis sehingga harus saya tutup dulu. Mohon do’anya supaya segera pulih seperti sedia kala 😀

Salam

  • tips yang bagus, trims..

    ikutan DBN kang Yudiono juga ya mas? ditunggu tulisan2 berikutnya dan semoga berhasil 😀

  • Hm.. sangat berani sekali mengambil keyword dengan kompetisi tinggi. Saya pribadi cari keyword kompetisi lemah, biar peluang masuknya tinggi. 😀

  • Jujur saja baru pertama kali ini saya tahu tentang menggunakan Google Insights for Search, terima kasih sudah menambah pengetahuan saya 🙂

  • salah satu hal yang kurang sya sukai adalah melakukan research keyword seperti ini..
    salut sama admin yang berani mengikuti tantangan dengan menggunakan keyword yang cukup tinggi persaingannya, semoga sukses 🙂

  • good articles

  • Pingback: URL()