Memahami SEO dasar untuk Google

340

Jika kita memiliki usaha “Jualan Gorengan Online”, kita harus bersahabat dengan Search Engine atau mesin pencari supaya dapat pengunjung potensial. Mesin pencari ada beberapa yang saya kenal tapi untuk saat ini Google sepertinya menguasai ceruk pasar ini. Jadi mari kita belajar tentang Google terlebih dahulu.

Kenapa harus begitu? Tentu saja karena pengunjung yang berkunjung ke lapak online kita dengan perantara Google memiliki tingkat kemungkinan pembelian cukup bagus. Hal ini karena mereka memasukan sendiri sebuah kata atau kalimat (keyword) di mulut Google. Untuk kasus “Gorengan Online”, pengguna Google mungkin menuliskan “gorengan”, “gorengan online”, “jual gorengan online” atau lain – lain.  Artinya memang ada sesuatu yang mereka butuhkan di lapak kita. Jika yang mereka butuhkan adalah “gorengan” berarti akan terjadi pembelian.

Itu hanya sebuah ilustrasi sederhana tentang kegunaan SEO ini. Setiap orang pasti memiliki pandangan masing – masing tentang pemanfaatan SEO ini tergantung ilmu, pengalaman dan kebutuhan masing – masing.

SEO adalah Sebuah Pilihan dan Simbiosis Mutualisme

Pemanfaatan SEO adalah sebuah pilihan. Jadi tidak semua halaman di internet harus diketahui oleh Google. Kita bebas memilih halaman mana pada blog atau website kita yang boleh diketahui Google dan mana yang tidak. Tapi kenapa hampir semua halaman di blog kita diketahui Google padahal belum mengamalkan beberapa ilmu SEO dari para master? Selamat berarti secara sengaja atau tidak, kita telah mengamalkan ilmu SEO. Hal tersebut terjadi mungkin karena CMS yang kita gunakan sudah terintegrasi beberapa trik SEO.

Selain itu, ketika kita telah memutuskan untuk memanfaatkan SEO ini, perlu disadari bahwa kita sedang bekerja sama yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme – saya teringat istilah ketika masih SMP^^) dengan Google. Google hanyalah mesin pencari, informasi yang ia sajikan kepada penggunanya berasal dari halaman – halaman yang ada di internet (nota bene bukan milik mereka), sebagian berupa web dan blog.

Semakin banyak blog yang memperbolehkan Google mengindeks halaman mereka, maka kepuasan penggunanya akan meningkat. Keuntungan bagi blog atau web ialah mereka mendapat limpahan pengunjung dari Google. Pengguna Google terpuaskan dan kita sebagai pemilik blog dapat kunjungan.

seo - seach engine optimation secret / rahasia

Bagaimana Google Bekerja?

Untuk memahami dasari dari SEO Google, bisa kita mulai dari pertanyaan Bagaimana Google Bekerja? Setelah dibaca – baca ternyata kerjaan Google dapat dikelompokan dalam 3 kategori besar yang berkesinambungan;

1. CRAWLING

Google memiliki pasukan yang tugasnya menelusuri seluruh penjuru internet. Mereka merayap kesana kemari mencari dan mencatat seluruh informasi yang ada. Termasuk perubahan yang terjadi. Karena kerjaanya merayap, maka pasukan ini lebih sering dikenal sebagai Spiderman-nya Google ( hahaha… ).

Seperti yang saya tulis sebelumnya bahwa SEO adalah pilihan, jadi tidak semua halaman dapat atau boleh dikunjungi oleh Google Spider. Salah satu cara supaya Google tidak bisa lewat yaitu dengan sebuah file yang dikenal dengan robot.txt. File ini akan memberi peringatan kepada Google Spider apakah dia boleh lewat atau tidak.

2. INDEXING

Informasi hasil dari patroli Google Spider tadi dilaporkan ke markas besar Google. Pada bagian ini dilakukan koreksi database terhadap temuan halaman baru, koreksi halaman lama atau bahkan sebuah halaman yang telah hilang.

3. SERVING

Pada tahapan inilah Google dikenal oleh umum. Yaitu tempat mencari infomasi yang ada di internet. Yup… Google menyajikan apa yang penggunanya minta berdasarkan database terbaru yang ia miliki pada tahapan sebelumnya. Mari kita ilustrasikan bagaimana Google menyajikan infomasinya dengan contoh “Jualan Gorengan Online” (contoh yang aneh^^);

Ketika seseorang mencari infomasi dengan kata kunci “Goreng Pisang Online” maka Google akan mengumpulkan semua halaman yang telah ia indek yang didalamnya ada infomasi tentang “Goreng”, “Pisang” dan “Online” atau kombinasi antara ketiganya. Ketika semua telah terkumpul maka akan disusun oleh Google dan dipilih halaman mana yang akan ditampilkan paling atas sampai yang terakhir.

Google tidak langsung menampilkan isi dari halaman – halaman tersebut tapi meringkasnya menjadi 160 karakter kemudian tiap 10 artikel tersebut dibagi kedalam halaman – halaman yang Google sajikan, tujuannya supaya mempermudah penggunanya ketika menyeleksi alamat mana yang akan ia kunjungi.

Jadi secara sederhana poin penting dalam SEO ini terletak pada “TOLAK UKUR YANG DIGUNAKAN GOOGLE PADA TAHAP SERVING KETIKA MENGURUTKAN HALAMAN YANG TELAH TERINDEKS”. Kemudian dikenal istilah “pagerank” dan lain – lain yang akan saya pelajari selanjutnya. Tujuannya supaya halaman kita dapat posisi teratas atau minimal masuk ke 10 besar (halaman pertama Google) karena posisi tersebut yang akan paling banyak dapat limpahan pengunjung.

Jika boleh meminjam istilah para kaskuser maka SEO adalah bagaimana supaya dapat PERTAMAX atau minimal mejeng di PAGE ONE!

Bersambung….

  • Oh, oke, oke, SEO lagi. 🙂

  • nice info
    tapi saya masih kurang mengerti konsep SEO