Solusi dari “Request Time Out”

2500

Sejak 2 Bulan lalu, magzimp terkena “Request Time Out” dan telah saya ceritakan panjang lebar di postingan sebelumnya. Alhamdulillah sekarang magzimp telah kembali normal dan postingan singkat ini sedikit menerangkan tentang solusi dari “Request Time Out” tersebut. Siapa tahu bermanfaat bagi blog sobat yang mengalami masalah serupa.

Intinya sederhana, tinggal hubungi CS pihak hosting dimana kita menyewa. Pertama karena waktu itu susah banget mengalokasikan waktu untuk menelusuri masalah ini, kedua karena kami rasa pihak hosting lebih paham tentang masalah seperti ini. Dan ternyata benar… Berikut sedikit penjelasan dari mereka,

Time Out tersebut kemungkinan besar memang disebabkan oleh lokasi server yang berada di dalam negeri (IIX) dan memiliki bandwith internationalnya relatif kecil. Namun apakah sudah mencoba melakukan verifikasi domain dengan menambahkan TXT record melalui Advanced DNS Zone Editor dari cpanel? Jika masih mengalami kendala, kami sarankan untuk dilakukan pemindahan ke server US supaya lancar apabila diakses dari dalam maupun luar negeri.

Begitulah keterangannya, dan kami putuskan untuk langsung dilakukan pemindahan server saja dan berhasil. Magzimp sudah bisa diakses seperti sedia kala, baik dari PC maupun mobile.