Cara Menyewa Domain dan Hosting

Advertisements

Setelah sebelumnya saya belajar tentang menentukan kata kunci atau keyword, sekarang saatnya belajar cara menyewa domain dan hosting. Kenapa tidak menggunakan domain dan hosting gratisan? Ya karena syarat ikutan DBN ini salah satunya harus menggunakan domain yang fresh alias belum diapa-apain.

Sekilas tentang Domain dan Hosting

Domain adalah alamat blog atau website kita. Sedangkan Hosting adalah tempat menyimpan file-file yang akan kita gunakan pada domain. Cara termudah untuk mendapatkan domain dan hosting adalah dengan menyewanya. Bagi pemula seperti saya mungkin lebih baik menggunakan jasa web hosting dalam negeri alasannya lebih murah dan mudah berkomunikasi dengan CS-nya bila ada apa-apa.

Untuk blog yang saya ikutkan DBN ini saya sewa dari Kios Domain. Saya suka mencoba layanan hosting yang berbeda untuk membandingkan pelayanannya. Magzimp sendiri dari Rumahweb. Sedangkan saya sendiri punya Web Hosting Murah Berkualitas yaitu web waralaba dari idwebhost. Salah satu keuntungan menggunakan jasa hosting dari website waralaba seperti ini harganya lebih murah daripada kita sewa langsung dari idwebhostnya.

Silahkan dipilih, yang terpenting CS-nya mudah dihubungi baik lewat telp, sms, chatting, email atau BBM selama 24 jam karena masalah bisa muncul kapan saja!

Keyword dalam Domain

Seperti yang sudah disinggung ditulisan sebelumnya bahwa saya akan mencantumkan keyword yang saya pilih yaitu ‘Baby Crib Bedding Sets’ dalam domain. Teknik ini di forum-forum kadang disebut dengan istilah Keyword On Domain atau KOD. Tujuannya supaya mempermudah kita mendapat rangking pertama dari pencarian keyword yang kita bidik.

Setelah saya periksa, ternyata yang tersedia cuma yang berekstensi .biz. Karena saya fans berat .com berarti saya harus menambahkan awalan atau akhiran pada kata babycribbeddingsets. Saya coba tambahkan akhiran reviews, ternyata tak tersedia juga. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya saya dapatkan akhiran ‘depot’ jadi domainnya babycribbeddingsetsdepot.com. Panjang bener :lol:

Alasan saya memilih kata tersebut karena kata ‘depot’ memiliki volume pencarian yang cukup tinggi setelah ‘reviews’ untuk kata yang berkaitan dengan kata ‘baby’.

Cara Memeriksa Ketersediaan Domain dan Order Sewa Hosting

Seperti yang diceritakan sebelumnya saya harus berganti-ganti awalan dan akhiran sebelum akhirnya mantap dengan domain diatas. Saya memeriksa ketersediaan domain tersebut >>DISINI<<

cara sewa hosting dan domain1

Perhatikan gambar, langkah pertama adalah masukkan kata kunci atau keyword tanpa spasi. Pilih ekstensi yang memungkinkan kita menggunakannya. Akan muncul jendela kecil pilih saja jenis ekstensi yang menurut anda menarik dan memungkinkan. Untuk DBN ini diperbolehkan menggunakan ektensi .com, .net, .org, .biz dan .info. Setelah selesai tekan SUBMIT.

Tunggu loadingnya selesai, kemudian akan ditunjukan ketersediaan domain tersebut untuk masing-masing ekstensi. Jika belum ada yang pas. Tinggal ulangi langkah pertama dengan memasukan keyword atau kata kunci yang baru.
Jika sudah menemukan yang pas, tinggal pilih ORDER NOW! Selanjutnya akan muncul jendela kecil yang member opsi apakah kita akan sewa domainnya saja atau domain plus hostingnya juga. Untuk contoh saya, saya pilih keduanya lalu tekan ORDER.

Selanjutnya kita dibawa ke sebuah halaman baru yang berupa opsi untuk paket hosting yang akan kita sewa. Penampakannya seperti gambar di bawah ini,

cara sewa hosting dan domain2

Karena kita akan menggunakan wordpress, untuk server pilih yang PHP-MySQL. Lama kontraknya saya ubah menjadi 1 tahun. Sebagai contoh Paket Hostingnya saya pilih yang Rp. 4.500/bulan yaitu paket idbasic. Untuk paket tersebut kita dapat 75 MB Disk Space, 3 Giga Bandwith, Jumlah subdomain dan databasenya 10. Murah kan? :D

Pada form di bagian bawah adalah tentang biodata, tinggal di isi saja.

cara sewa hosting dan domain3

Pada bagian catatan saya menambahkan ‘Saya pengen server USA ya!’. Karena target pengunjung saya orang sana. Kemudian beri centang sebagai bukti menyetujui peraturan akad sewa menyewa hosting ini lalu pilih NEXT.
Selanjutnya akan ada penawaran beberapa jasa SEO, pilih saja TIDAK pada semua opsinya. Kecuali anda ada yang tertarik tapi ingat lho itu dikenakan biaya :D . Selanjutnya tinggal NEXT lagi.

cara sewa hosting dan domain4

Selanjutnya akan ditampilkan halaman terakhir yang menampilkan semua data dari order yang telah kita pilih. Jika telah yakin semua datanya benar tinggal pilih CHECKOUT.  Tagihan pembayarannya akan dikirim melalui email dan sms. Juga Yahoo Messengger bagi yang punya.

Selanjutnya uangnya tinggal kita transfer, lakukan konfirmasi dan selesai.


UPDATE Statistik Blog Niche

Alhamdulillah masalah teknis selesai, blognya sudah bisa online lagi. Masalahnya sekarang terkena deindex oleh Google, sekarang sedang merayu si Google supaya mau ngeindex lagi :D


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. Budi Majid
  2. Jefry
  3. DIKA
  4. Selena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *