Membuat Drop Down Menu di WordPress

333

Sebenarnya ini bukan tutorial membuat dropdown menu pada wordpress, tapi lebih tepatnya menggunakan fitur custom menu yang disediakan oleh wordpress.com.

Entah sejak kapan wordpress menyediakan fitur ini, (empu blog abal-abal ini memang pemalas dan selalu ketinggalan hot info πŸ˜† ) tapi kegunaan fitur ini luar biasa. Custom menu ini telah menjawab hal yang paling mengganjal di blog wordpress yaitu susahnya menavigasi page dengan sub-subpage-nya.

Yang pertama masuk ke dashboard -> appearance -> menus

dropdown menu

Pada kolom paling kanan atas ada opsi memberi nama, contohnya aku kasih nama test.

Pada kolom disamping kirinya, opsinya kita arahkan ke nama menu yang kita buat (test).

membuat dropdown menu

Menariknya, tidak hanya “page” yang bisa kita pasang pada menu, tapi bisa juga “category” dan “custom link“. Ketiga opsi itu bisa dicampur aduk sesuka kita. Misalkan menu utamanya berupa page, submenu-nya berupa category dan sub-submenu-nya berupa custom link.

Custom link ini sangat menarik, karena kita bisa mendirek ke semua alamat yang kita suka, bisa ke blog kita yang lain, ke program affiliasi yang kita ikuti atau sebagai blogroll yang dropdown.

drop down menu

Setelah memilih apa saja yang akan kita tampilkan sebagai menu drop down, kita tinggal tekan tombol add to menu.

Cara menyusun menu dan submenu-nya ternyata sangat mudah tinggal geser lebih ke kanan untuk submenu.

drop down menu

Jika sudah selesai otak – atiknya, jangan lupa save menu.

Tapi sayang tidak semua theme yang memiliki fitur ini. Theme wordpress.com yang sudah memiliki fitur ini ialah Ambiru, Andrea, Blix, Bueno, Contempt, Cutline, Digg 3 Column, Entreprise, Freshy, Greyzed, Koi, Mistylook, Notepad, Paperpunch, Structure, Twenty Ten, Under The Influence, Vigilance, Vostok. dan tentu saja tema – tema terbaru.


Postingan ini adalah tulisan lama dari blog saya di wordpress.com, untuk pengguna wordpress yang hosting bayar sendiri tentu saja bisa juga menggunakan fitur ini, syaratnya wordpress yang digunakan minimal versi 3.0 dan theme yang digunakan memiliki fitur costum menu.

  • Pingback: 2010 in review « Agito Learn Internet()

  • Hi,saya mau tanya untuk menu drop down…. ini bisa ga kalo di aplikasikan di template saya ? sori sy agak bingung soalnya bukan saya yang buat hehhehe πŸ˜€ thanks anyway

  • bro, aku pakek dropdown kok g bisa,, !!tetap g berubah,, padahal tutornya dah kuikuti caranya,, tapi tetap ae,, yo’opo iki,,,!!!

  • national45indonesia

    huwah mantap thx bgt yach

  • Salam kenal Om.