Tag HTML yang sering digunakan dalam postingan

301

Membuat postingan dengan menggunakan mode HTML juga disediakan oleh wordpress. Bagi yang sudah terbiasa dengan HTML pasti lebih nyaman menggunakan mode ini daripada mode visual. Bagi yang belum, boleh coba – coba menggunakan mode ini sekalian sedikit demi sedikit belajar mengenai HTML. Kalau saya sendiri malah sering mondar – mandir antara kedua mode tersebut, maksudnya mengkombinasikan keduanya. Kadang ada yang mudah dilakukan di mode visual tapi susah dengan HTML atau sebaliknya.

Postingan ini masih termasuk dalam rangkaian postingan tentang bagaimana cara membuat postingan di wordpress,

  1. Cara Membuat Postingan di WordPress
  2. Tag HTML yang Sering Digunakan dalam Postingan
  3. Mengatur Kategori, Tag, Diskusi dan Terbitkan!

Tag HTML dalam Mode HTML

Berikut adalah beberapa tag HTML yang telah disediakan oleh “post editor” wordpress,

tools postingan wordpress 4

  • b, i. link , b-qoute, img, more : tidak akan dijelaskan lagi karena telah dijelaskan di postingan sebelumya tentang bagaimana cara membuat postingan.
  • ul, ol, li : sama dengan bullet dan numbering di mode visual.
  • del : tulisan yang dihapus atau dicoret, ex : ini menggunakan del
  • ins : tulisan yang disisipkan, ex : ini menggunakan ins
  • code : hasilnya seperti format preformatted di mode visual (meskipun tidak sama), perbedaannya kita bisa menggunakannya diantara kalimat dengan format biasa.
    ex : ini adalah contoh code untuk html dan css
  • close tags : untuk menutup sebuah tag awal yang masih terbuka.

Tag HTML (XHTML) lain yang sering saya gunakan

Selama kurang lebih 6 bulan mengenal wordpress, ada beberapa tag HTML yang sering saya gunakan dalam postingan.

  • <br> : membuat garis baru.

    Ketika ingin membuat garis baru dalam satu paragraf, saya sering kesulitan karena jika menekan “enter” hasilnya malah membuat paragraf baru. <br> ini lah jadi solusi. Contohnya ketika saya menjelaskan tentang code diatas, untuk contohnya saya buat dalam garis baru.

  • <hr> : membuat garis lurus.

    Kadang – kadang saya ingin memisahkan antara satu topik dengan topik lain dalam satu postingan, maka saya pisahkan dengan menggunakan sebuah garis lurus. Contohnya : bisa dilihat diatas, sebelum subjudul pertama terlihat sebuah garis lurus.

HTML + CSS dalam Postingan

Untuk pengguna CMS wordpress, mungkin mudah jika ingin menyisipkan CSS tambahan untuk postingan tertentu. Tapi untuk pengguna wordpress.com, karena memang hostingnya gratisan jadi tidak bisa melakukan modifikasi atau penambahan.

Yang sering saya lakukan adalah menyertakan secara langsung properti CSS dalam tag HTML dalam sebuah postingan. Meskipun cukup merepotkan tapi lumayan puas jika melihat hasilnya. Contohnya merubah jenis huruf dalam postingan. Jenis huruf untuk postingan dalam blog ini adalah “arial”, nah sekali – kali saya ingin merubahnya menjadi “georgia”.

Caranya adalah dengan menambahan <span style=”font-family:georgia;”> diawal postingan dan </span> diakhir postingan. Contohnya saya gunakan untuk paragraf ini.

Begitulah, jika kita mengetahui sedikit banyak tentang HTML dan CSS, kita bisa lebih mudah memodifikasi atau berkreasi dalam postingan. Selamat melakukan postingan, sobat!

Salam