Visual Editor tinyMCE WordPress 2.8.6 Bermasalah

38

Ada apa dengan Visual Editor tinyMCE?…

Ketika penulis ingin melakukan Edit Post pada halaman admin worpress-2.8.6, wew..Visual dan HTML Editor tidak berfungsi alias bermasalah. Setelah penulis melakukan searcing di mbah google, akhirnya diperoleh bahwa  kemungkinan penyebab kerusakan diantaranya adalah tidak adanya  wp_footer() di bagian footer.php dan  akibat dari broken plugin atau skrip plugin yang kita install disana ada yang konflik dengan skrip di bagian lain.

Berdasarkan referensi, untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Memastikan Visual Editor yang ada di Users->Your Profile tidak dalam keadaan di cek.

    Visual Editor

  2. Menggati current theme dengan wordpress default.
  3. Men-deactivate semua plugin.
  4. Meng-clear cache dan cookies. Tools->Clear Private Data (Mozilla Firefok).
  5. Mengecek wp_footer() pada bagian footer.php theme sebelumnya.
  6. Login Kembali.

Ketika di cek, Visual dan HTML Editor yang ada disana dapat berjalan dengan normal. Selanjutnya mengubah kembali current theme ke theme sebelumnya dan meng-activate kembali plugin satu persatu sambil melakukan pengecekan Editor (Visual dan HTML) setiap selesai acivate plugin. Hal ini bertujuan untuk memeriksa jika kemungkinan penyebabnya broken plugin. Dan ternyata benar, terdapat salah satu plugin yang menjadi penyebabnya…

Wah wah..seandainya sebelumnya penulis tahu bahwa penyebabnya adalah broken plugin atau wp_footer(), kemungkinan tidak seharusnya meng-install ulang wp-admin dan wp-includes….

“SEKEDAR SHARING” pengalaman.

–semoga bermanfaat–

SHARE
Previous articleNew Born v.1.1
Next articleCara Membuat Blog WordPress di Localhost
"Jangan kecewa apabila hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan, Percaya bahwa semuanya adalah kesuksesan, bukan kegagalan. Mengapa saya punya banyak kesuksesan? saya tahu banyak usaha yang gagal." - Thomas Alfa Edison -
  • wah mantaf neh, thanks kwan buat infonya

  • bener gan… aku dah coba… informasi agan paling valid. padahal aku dah pusing editnya… setelah plugin di matikan semua, dan cookis and cache di bersihin. keliatan deh mana yg salah….