Alternatif Lain Form Komentar (Plug-in)

409

Beberapa waktu lalu kami mengerjakan sebuah blog pesanan. Ternyata si klien tidak suka pada form komentar versi default yang kami buat. Keinginannya form komentar yang tidak mengharuskan mengisi username dan email terlebih dahulu. Maksudnya pengen langsung berkomentar aja.

Aneh memang tapi begitulah klien, supaya cepat kami sarankan komentarnya memakai akun facebook, twitter atau akun lainnya. Tentu saja syaratnya si komentator harus sedang log in dalam waktu bersama di social media tersebut. Klien pun setuju.

Biar mudah kami mencari form komentar yang dibuat oleh pihak ketiga, untuk blog berbasis wordpress biasanya berbentuk plug in.

Berikut adalah beberapa form komentar (plug in) dari pihak ketiga yang kami temukan,

1. Facebook Social Plug-in

Ternyata yang inilah yang disukai oleh sang klien. Alasannya karena form komentar facebook ini lebih dikenal dan mudah dikuasai oleh pengunjung yang notabene memiliki akun di facebook. Nuansa facebook tetap nempel meski dipasang di blog kita.

plug in komentar dari facebook

Kelemahannya tidak ada opsi dengan berkomentar menggunakan akun twitter. Padahal twitter adalah social media populer kedua setelah facebook.

2. IntenseDebate

Yang ini pilihanya lebih banyak dan bisa menggunakan akun wordpress.com juga. Hal ini karena IntenseDebate masih saudaraan sama wordpress.com.

intensdebate komentar

Setelah dicoba dipasang ternyata menambah beban loading yang agak lama. Jadi tidak jadi kami gunakan waktu itu.

3. Livefire

form komentar live fire

Hampir sama dengan IntenseDebate. Kelebihannya jika kita menggunakan akun twitter kita bisa melakukan mention atau istilah-istilah lain di twitter pada form komentar.

4. Disqus

disqus komentar

Yang ini saya temukan beberapa waktu lalu, kelihatan lebih sederhana dan loadingnya lebih cepat.

Jika saya menemukan form komentar lain, postingan ini insyaAllah akan saya update, atau ada yang mau menambahkan?

  • Saya mau pasang komentar facebook mas 🙂