Jenis WordPress

636

Tulisan mengenai jenis wordpress ini hanyalah tulisan sederhana yang muncul ketika seorang sobat bertanya mengenai perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org tentunya dengan servisnya masing – masing. Pada postingan sejarah perkembangan wordpress, sekilas terlihat macam – macam wordpress dengan masing – masing ujungnya. Mari kita lihat satu persatu :

WordPress.com

WordPress.com adalah media bagi para blogger untuk membuat blog gratisan berbasis wordpress. Seperti blog gratisan lain, kita hanya diberi subdomain dari wordpress.com.

Meski kita tidak diberi kebebasan untuk memodifikasi theme tapi terdapat sekitar 100 theme dari berbagai pengembang yang bisa kita pilih. Kita tidak diizinkan menyimpan link afiliasi dan iklan. Juga tidak diperbolehkan penggunaan javascript. WordPress.com hanya dikhususkan bagi blogger yang ingin menulis saja tanpa embel – embel jualan.

WordPress.com bisa jadi awalan yang baik bagi yang tertarik ngeblog menggunakan wordpress dengan hosting sendiri karena disana kita bisa mengenal berbagai habit wordpress. Banyak blogger terkenal yang bermula dari wordpress.com.

WordPress.org

WordPress.org adalah media tempat para pengembang wordpress sharing tentang ilmu mereka. Ada theme, forum, plug in dan serba serbi wordpress disana. Yang paling penting disana pula kita bisa mendownload cms wordpress yang bisa kita instal di localhost maupun di hostingan kita.

Semua keterbatasan blog di wordpress.com tidak berlaku pada cms wordpress ini. CMS inilah yang merupakan produk awal wordpress sekaligus melambungkan nama wordpress. Istilah “WordPress Berbayar” sebenarnya kurang tepat karena wordpress tetap gratisan, yang bayar adalah hostingnya.

WordPress MU

WordPress MU digunakan jika kita ingin menyediakan blog wordpress gratisan (atau berbayar juga boleh :lol:) bagi blogger lain. Blogger yang mendaftar nantinya akan diberi nama subdomain dari domain utama kita. Contohnya : bloguser.namadomain.com.

WordPress.com sebenarnya tipe wordpress jenis ini. Yang dari Indonesia, contoh blog pengguna wordpress MU adalah blogdetik.com. Tertarik mengelola wordpress tipe ini? Bersiaplah menyediakan hostingan paket jumbo. 😆

Jika kita mendaftar sebagai user di sebuah situs berbasis wordpress MU seperti blogdetik, kita akan mendapat subdomain seperti di wordpress.com. Hanya saja, kelebihannya disana kita bebas memasang iklan dan link affiliasi serta javascript diperbolehkan.

Lain – lain

Bagaimana jika ingin membuat web e-commerce atau forum dengan berbasis wordpress? Tenang… wordpress dengan bantuan plug in bisa disulap menjadi kedua jenis web tersebut. Coming soon…

  • Makasih banyak untuk overview wordpressnya, khususnya tentang wordpress MU. Saya jadi nyadar perbedaannya.

    Salam kenal 😀

    • Sama – sama, salam kenal juga 😆
      Terima kasih sudah berkunjung

  • Kalau wordpress VIP itu masuk apa?