Menambahkan fitur wordpress.com di wordpress.org dengan Jetpack

305

Saya belajar main blog di wordpress.com. Semua fiturnya telah tersedia, siap pakai plus gratisan. Awalnya saya menganggap remeh fitur – fitur tersebut, mental yang biasa menghinggapi orang yang terlenakan oleh free service. :malu: Ketika belajar menggunakan wordpress.org, baru tahu ternyata untuk menampilkan site stat aja harus pake plugin segala dan beberapa pengaturan tentunya.

Kabar baiknya, Automatic telah merilis plugin baru bernama jetpack. Plugin ini bisa menambahkan beberapa fitur favorit di wordpress.com ke dalam wordpress.org kita sekaligus. Jadi sudah satu bundel, tidak terpisah satu – satu seperti sebelumnya.

logo jetpack

Fitur – fitur Jet Pack

1. Site Stat

Site stat yang dimiliki wordpress.com sekarang lebih ringan dari pada grafik  hasil dari plugin wodpress.com stat yang populer itu. Lebih ringan, lebih mudah di akses dan tentu saja tampilannya juga lebih keren.

2. Twitter Widget

Memang plugin untuk menampilkan update dari status twitter telah banyak, tapi karena ini satu bundel dalam Jetpack, tidak salah dicoba juga.

3. Gravatar Hovercards

Ini fitur wordpress.com yang lucu. Kita bisa melihat sedikit profil para komentator dari pengguna wordpress.com dengan menempelkan kursor mouse (hover) pada gravatar komentator tersebut. Sekarang pengguna wordpress.org pun bisa bersenang – senang dengan Hovercards ini.

4. wp.me shortlink

Ini adalah layanan memperpendek link milik Automatic. Salah satu kegunaannya ialah ketika kita menshare postingan kita di twitter yang jumlah textnya dibatasi maka kita tidak perlu aplikasi lain. Sudah otomatis link postingan akan berubah bentuk menjadi seperti http://wp.me/blAblA

5. Sharedaddy

Kalau fitur ini memang sudah tidak aneh, beberapa pengembang bahkan telah mengintegrasikan fitur ini ke dalam theme wordpress buatan mereka. Intinya fitur ini untuk membagian (share) postingan kita ke beberapa social media terkenal.

6.LaTex

latexLatex adalah bahasa markup untuk menulis persamaan matematika yang komplek, formula dan teman – temannya. Yang ini pasti dibutuhkan oleh teman – teman kita para pemikir ulung.

Jetpack combines the power of LaTeX and the simplicity of WordPress to give you the ultimate in math blogging platforms.

7. After the Deadline

Fitur yang berfungsi untuk mengecek pengejaan, tata bahasa dan style.

8. Shortcode Embeds

Yang ini fungsinya untuk mempermudah kita ketika ingin menambahkan media dari tempat lain seperti YouTube dan Flickr. Kita tinggal menambahkan kode sederhana ke dalam postingan tersebut.

Tertarik? Silahkan download jetpack, instal dan  terbanglah  bersama jetpack.

Jetpack supercharges your selfhosted WordPress site with the awesome cloud power of WordPress.com.

SHARE
Previous articleTutorial WordPress : Settingan Awal
Next articleSewa Domain dan Hosting murah
Seorang desainer sekaligus blogger dengan hobi tidur siang. Hanya belajar, belajar dan belajar.... Seperti kata naruto "Tak ada jalan pintas untuk menjadi seorang Hokage".
  • wah sya dah pasang ni kang yang saya butuhin si cuma buat ngecek statnya aja tapi mantap lah hehe

  • oh baru tau klo pake jetpack buat ngecek stat…makasih kang

  • mantepp kang.. ane udah nyobain seger abis dahh. 😀

    salam kenal kang 😀

  • makasih infonya…, suwun

  • Mantep bener nih, baru tau ada yang beginian.. ijin nyobain ya gan :). thanks sebelumnya 🙂

  • waahhh..
    ini yang saya cari..
    makasih..

  • Terima kasih atas informasi yang berguna . Perlu menambahkan blog Anda ke bookmark