Mengenal Dashboard WordPress

409

Setelah berhasil membuat blog wordpress, sekarang saatnya kita belajar mengenal dashboard wordpress. Dashboard di wordpress semacam ruang kendali, semacam dapur atau lebih tepatnya ruang admin untuk mengontrol semua hal yang berkaitan dengan blog wordpress milik kita. Jadi kita musti wajb bin kudu untuk mengenal dan mempelajarinya.

Banyak cara untuk mengakses dashboard ini tapi yang sering saya lakukan adalah dengan menambahkan /wp-admin di mulut browser setelah alamat blog kita. Lengkapnya jadi seperti http://www.namablog.com/wp-admin atau untuk wordpress.com jadi http://www.namablog.wordpress.com/wp-admin. Selanjutnya tinggal masukan user dan password.

Untuk penjelasannya saya gunakan dashboard wordpress.com, karena fiturnya lebih komplit. Pada dasarnya dashboard untuk wordpress yang hosting sendiri (supaya lebih mudah selanjutnya saya tulis sebagai wordpress.org) dan wordpress.com sama saja, perbedaannya hanya pada beberapa menu. Untuk wordpress.com semua menunya telah tersedia tinggal kita kenalan aja satu – satu. Nah untuk wordpress.org, default menunya minimalis alias agak sedikit, untuk menambahkannya kita harus menginstal plug-in yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Berikut keterangan beberapa menu yang ada di dashboard wordpress ;

Dashboard

bloggingNamanya juga dashboard wordpress, jadi menu dashboard adalah halaman utamanya. Isinya berupa beberapa informasi mengenai jumlah postingan, page, komentar dan spam. Untuk wordpress.com adapula informasi mengenai blog yang paling ramai dikunjungi dan postingan terbaru dari pengguna jasa wordpress tipe ini. Yang paling penting menurut saya adalah statistik pengunjung dengan beberapa data yang sangat berguna. Menu ini memiliki beberapa submenu : blog surfer, my comments, readomattic, tag surfer, site stats, my blog, subscriptions.

Untuk wordpress.org informasi yang muncul didashboard-nya berupa perkembangan wordpress sebagai CMS dan info terbaru mengenai plug ini. Untuk menambahkan submenu site stats seperti di wordpress.com, kita tinggal menambah atau menginstall plug in tersebut di menu plug in.

Upgrades

Menu ini khusus untuk pengguna wordpress.com, fungsinya untuk menambah fasilitas atau fitur blog seperti mengganti nama domain.

Posts

Menu ini tempat membuat, mengedit dan mengelola postingan.

Media

Menu tempat menyimpan dan mengelola gambar dan video yang digunakan dalam postingan.

Links

Berupa menu tempat membuat dan mengelola link atau tautan. Link tersebut bisa berupa link blog sahabat atau link blog yang menurut kita penting.

Pages

Hampir sama dengan menu posts, hanya saja outputnya tidak berupa postingan tapi berupa halaman.

Comments

Menu tempat berkumpulnya semua komentar, baik yang sudah terbit, pending atau spam. Disini kita bisa melakukan penyeleksian dengan menghapus atau mengedit komentar – komentar aneh.

Ratings dan Polls

2 Menu ini hanya ada di wordpress.com. Rating adalah menu untuk mengatur setting rating untuk posts, page dan comments. Sedangkan Polls adalah menu untuk menambahkan dan mengelola fitur polling. Polling bisa kita masukkan kedalam postingan maupun kita pajang di sidebar.

Appearance

Menu ini berfungsi untuk mengelola tampilan blog. Kita bisa mengganti theme wordpress kita. Widgets adalah beberapa kelengkapan blog yang bisa kita pasang di sidebar maupun footer. Menus adalah fitur terbaru untuk membuat dan mengelola drop down menu. Untuk header biasanya untuk menambahkan gambar pada header blog. Meskipun ada submenu edit CSS tapi untuk wordpress.com kita tidak bisa melakukannya. Submenu di menu appearance ini akan bervariasi tergantung theme wordpress yang digunakan.

Users

Menu ini tempat mengelola orang – orang yang ikut ambil bagian dalam blog dengan berbagai kedudukannya. Jika blog pribadi berarti hanya kita sendiri yang jadi kontributornya dan pada submenu profil tinggal kita isi dengan profil kita.

Tools

Menu ini tempat kita memindahkan artikel dari maupun ke blog kita. Berfungsi juga sebagai memback up artikel karena dikhawatirkan sewaktu – waktu terjadi error pada blog. Untuk wordpress.com dibagian bawah menu ini ada fitur tambahan untuk memverifikasi blog di search engine.

Plug in

Seperti yang telah disinggung diatas, menu ini berfungsi untuk menambah aplikasi tambahan. Semua plug in tersebut bisa kita temukan di wordpress.org dan gratis. Menu ini tidak ada di blog wordpress.com.

Settings

Menu setting ini tempat kita bisa melakukan beberapa pengaturan untuk blog wordpress kita. Mulai dari pengaturan nama blog, tulisan, komentar maupun media, semua tersedia disini.