Merapikan atau Menata Tampilan Blog

2181

Beberapa hari lalu ada pesan masuk ke facebook saya, karena sudah jarang buka facebook, jadi baru saya baca beberapa hari kemudian. Si pengirim adalah teman kuliah dulu, beliau sekarang mengabdikan diri sebagai staff pengajar di salah satu SMK di Cianjur.

Pesan tersebut intinya menanyakan bagaimana cara merapikan blog atau yang saya pahami, bagaimana menata tampilan blog supaya enak dipandang. Tentu saja harus enak dipandang biar pengunjung betah dan ingin berkunjung kembali ke blog kita.

Secara pribadi saya berpendapat bahwa menata atau merapikan blog tergantung selera masing-masing pemilik blog, jadi tergantung selera dan tujuan pengelola blog tersebut. Jadi yang akan saya tulis disini hanyalah sedikit pemahaman dasar yang berkaitan dengan tampilan blog. Pertanyaan teman saya sebenarnya untuk blog di wordpress.com, tapi karena ini gambaran umum, jadi bisa diterapkan pada blog lain pada umumnya.


4 Struktur Umum Sebuah Blog

Sepengetahuan saya ada 4 struktur umum yang biasanya ada pada sebuah blog. Nah untuk menata atau merapikan tampilan blog cukup dengan mengatur keempat bagian blog ini.

struktur dan bagian dari blog

1. Header

Header biasanya berisi judul blog kita dan deskripsi singkatnya. Bisa juga pada judul blog, kita masukan keyword yang kita bidik. Misalnya “Tukang Gorengan Online”. Silahkan berkreatifitas sesuai selera.

WordPress.com untuk beberapa tema terbaru pada opsi headernya menyediakan fitur menambahkan logo dan mengganti gambar header. Silahkan dimanfaatkan yang gunanya untuk menambah kesan dari citra yang ingin kita bangun dari blog kita. Misalkan menambahkan gambar pelanggan yang sedang menikmati gorengan, biar pengunjung ‘ngiler’ melihatnya.

Untuk menu, karena sekarang wordpress.com sudah menyediakan pengaturan menu melalui custom menu,  manfaatkan fitur ini untuk menyusun link pada kategori, artikel khusus atau page. Sehingga pengunjung mudah untuk mencari apa yang mereka butuhkan.

2. Postingan

Inilah inti dari sebuah blog karena merupakan informasi yang dicari oleh pengunjung. Mengenai teknis postingan di wordpress, silahkan baca postingan berikut;

  1. Cara Membuat Postingan di WordPress
  2. Tag HTML yang Sering Digunakan dalam Postingan
  3. Mengatur Kategori, Tag, Komentar dan Terbitkan!

Ngeblog adalah menulis, jadi memang keahlian menulis pun harus ikut dilatih supaya ide yang ingin kita tuangkan tersampaikan dengan baik kepada pengunjung. Saya belum bisa memberikan saran apa – apa soal tulis menulis ini, silahkan di googling saja. Atau bisa baca-baca di blogodolar.com milik kang Yudiono, disana ada beberapa teknik menulis yang bisa kita pelajari.

Masukan lain, karena blog dibaca lewat perantara layar monitor, jadi usahakan ketika menulis jangan terlalu panjang dalam membuat sebuah paragraf. Hal itu karena mata pengunjung akan cepat lelah jika membaca paragraf yang terlalu panjang. Tips ini saya dapatkan dari teman saya seorang pembuat komik, Alisnaik.

3. Sidebar

Biasanya diisi oleh widget untuk menambahkan aksesoris atau informasi lain yang ingin kita sampaikan kepada pengunjung. Beberapa widget yang sering digunakan adalah Postingan terbaru, Postingan terpopuler, Tentang Penulis, Berlangganan via email, follow twitter atau nge’like’  fans page. Juga bisa kita tambahkan banner iklan untuk memonetize blog kita atau link sahabat bagi blogger lain yang ingin bertukar link.

Silahkan berkreatifitas sendiri tapi jangan terlalu berlebihan. Misalkan menambahkan jam digital yang kesannya indah tapi malah memberatkan loading blog. Lagian siapa yang tertarik coba pada jam tersebut? Kan di sistem operasi komputer yang kita gunakan, sudah ada penunjuk waktu.

Intinya fokus pada tujuan, ketika kita memilih menggunakan sebuah widget harus  ada tujuan yang ingin kita capai. Misalkan Postingan Terpopuler untuk menambah pageviews. Berlangganan via email buat menambah pengunjung setia blog kita.

4. Footer

Footer pun bisa berupa widget atau dibiarkan kosong, cuma berisi kredit dari blog kita. Sekali lagi tergantung tujuan. Jika beberapa widget yang kita butuhkan tidak muat di sidebar, maka bisa kita pindahkan sebagian ke bagian footer.

Khusus bagi blog yang memiliki satu kolom alias tidak memiliki sidebar, maka pilihan penempatan widget hanya ada pada bagian footer ini.

Pilih Tema yang Sesuai Kebutuhan

WordPress.com menyediakan banyak sekali tema yang bisa kita pilih, mulai untuk kebutuhan photoblog, fortfolio, blog pribadi, tipe magazine dan lain-lain. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan selera kita. Tema yang kita pilih akan menentukan tampilan dari 4 bagian blog yang saya bahas sebelumnya.

Jika blog yang kita buat adalah catatan pribadi yang berisi curhatan, pilihan untuk tema satu kolom pun tidak masalah. Jika blog kita berisi berita atau infotainmen, maka pilih yang bertipe magazine. Atau jika berisi foto-foto hasil jepretan kita, tema photoblog-lah yang lebih cocok buat kita. Sekali lagi, sesuaikan sesuai kebutuhan dan selera.


Sekian dulu, semoga tidak puas. Ilmu blog seperti cabang ilmu lain perlu dipraktekan, jadi jangan takut mencoba dan bongkar pasang tampilan blog sampai kita menemukan tampilan yang rapi sesuai yang kita harapkan.

Atau ada sobat blogger yang ingin menambahkan, saya tunggu di form komentar ya…