Penampakan baru di WordPress.com

368

Kemarin, saya main ke blog di wordpress.com, rasanya telah lama tidak melihat perkembangannya. Ketika masuk ke dashboard saya belum melihat ada perubahan, tapi ketika sudah log out dan tidak sengaja melihat salah satu postingan. Ternyata eh ternyata ada penampakan baru di wordpress.com.

Bukan GOOGLE ADSENSE

Beberapa bulan yang lalu saya menemukan google adsense di wordpress.com, padahal saya tidak pernah memasang adsense di sana. Ternyata itu disengaja oleh pihak wordpress.com untuk menambah pemasukan katanya. Begini keterangannya,

Note: To support the service (and keep free features free), we also sometimes run advertisements. We’ve tested a lot of different ad providers and currently use Google AdSense and Skimlinks. We try hard to make the ads discreet and effective and only run them in limited places. If you would like to completely eliminate ads from appearing on your blog, we offer the No-Ads Upgrade.

Sebenarnya pihak wordpress.com memperbolehkan kita memasang adsense disana, dengan syarat blognya telah memiliki rata-rata pageviews minimal 25.000 perbulan atau sama dengan 834 pageviews perhari. Keuntungannya pun dibagi 2 antara kita dan pihak wordpress.com. Gimana berani?

Penampakan Itu Bernama POPPRESSED

Sama ketika penampakan adsense, penampakan kali ini letaknya setelah postingan dan sebelum komentar. Bentuknya seperti related post-nya linkwithin yang digunakan blog ini, ada gambar dan ada judulnya. Penasaran saya klik salah satu gambar tersebut. Ternyata saya masuk kesebuah blog yang bernama POPPRESSED. Setelah diperhatikan di bagian footernya ada logo Automattic disana.

Kesimpulannya, penampakan tersebut disengaja oleh pihak wordpress.com.

penampakan poppresed

Ternyata, PopPressed adalah situs baru hasil kerja sama antara Automattic dan Federated Media. Artikelnya diambil dari artikel blog WordPress.com yang tulisannya membahas masalah masalah sosial budaya terhangat. (kurang lebih begitu yang saya pahami.. hihi.)

Berarti PopPressed ini adalah anak ketiga dari WordPress.com. Karena sebelumnya telah dilaunching FoodPress, untuk masalah makan memakan and EcoPressed untuk artikel tentang lingkungan hidup.

Mereka mulai melebarkan sayap, kita lihat saja apa lagi setelah ini … di wordpress.com.

salam.

  • wah ni blognya Kawan Agit jua tho. Iya nich kawan blog saya juga sperti itu, tapi tidak semua postingan ada iklannya hanya postingan2 yang ramai saja

  • Oooh, memang, bisa dipahami kenapa wordpress memberlakukan iklan. Penghasilan, itu pasti. 🙂

  • wah, di cek dulu kesana, siapa tau ada berita menarik.

  • sampai revenue nya harus dibagi dua? hmm…

  • ohhh begitulah dunia penuh dengan kejuta…..