WordAds, sekarang bisa pasang iklan di wordpress.com

386

Pasang iklan di wordpress.com, beneran? Mungkin itu pertanyaan sebagian pengguna wordpress.com. Ini bukan berita baru lho… (lagi-lagi info basi hehe…), sekitar seminggu yang lalu melalui blognya, wordpress.com mempublikasikan bahwa mereka telah merilis WordAds. Mungkin sejenis PPC atau iklan berbasis banner yang diperuntukan bagi pengguna wordpress.com yang ingin memonetize blognya. Saya sebut “mungkin” karena saya sendiri belum melihat penampakan dari WordAds ini.

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa wordpress.com adalah blog gratisan yang sangat anti terhadap upaya monetize blog, baik berupa iklan dan link referral. Bahkan ada beberapa tautan ke beberapa situs yang sangat diharamkan keberadaannya baik di postingan maupun di widget. Jika blogger tersebut memaksakan kehendak untuk melanggar aturan tersebut, maka bersiaplah blog sobat di banned sama pihak wordpress.com.

Hal ini tentu saja untuk menjaga citra wordpress.com yang sangat mementingkan kebersihan dan kerapihan di semua blog wordpress.com. Sehingga di negeri ini, wordpress.com lebih dikenal sebagai tempat belajar menulis, curhat atau berbagi ilmu tanpa ada embel-embel untuk dapat dollar tambahan dari iklan maupun link referral. Untuk blogger yang ingin blog gratisan dan bebas memasang iklan dan link referral lebih dianjurkan menggunakan blogspot.

Tertarik memasang iklan WordAds. Baca dulu ketentuannya…

Dirilisnya WordAds ini, tentu saja sangat menggembirakan bagi pengguna aktif wordpress.com. Selain hobi tersalurkan, sekarang ada kesempatan untuk menghasilkan dollar dari WordAds ini.

WordPress.com sendiri mengaku bahwa permintaan paling banyak yang masuk ke mereka adalah mengenai pemasangan iklan  termasuk PPC seperti Google Adsense di blog wordpress.com. Setahun lalu mereka telah mencoba menjembataninya dengan diperbolehkannya pemasangan Google Adsense dengan syarat yang lumayan berat dan sistem profit sharing atau bagi hasil.

wordads, wordpress.com + federated media

Sekarang dengan dirilisnya WordAds, maka pilihan untuk memonetize blog wordpress.com jadi bertambah.  Tentu saja syarat dan ketentuannya akan cukup berat juga , setidaknya bagi blog abal-abal saya disana yang sudah lama tidak diupdate.  Hal ini karena WordAds adalah kerja sama wordpress.com dengan Federated Media. Federated Media sendiri adalah penyedia layanan iklan premium yang cukup ternama di Amerika sana. Yang namanya premium, perkiraan saya syaratnya akan cukup berat.

Saya pernah bercerita di postingan  penampakan baru di wordpress.com, nah penampakan tersebut disponsori oleh Federated Media. Jadi kedekatan wordpress.com sama Federated Media sudah lama terjalin sebelum akhirnya lahir si WordAds ini.

Salah satu syarat mengikuti WordAds ini, yaitu blognya harus sudah diupgrade dengan menggunakan domain sendiri. WordPress.com sendiri telah menyediakan layanan upgrade ini dengan biaya $17 per tahun,  fitur ini bisa kita temukan di dashboard wordpress.com pada menu store. Atau jika kita ingin beli domain sendiri, maka untuk langkah-langkahnya silahkan ikuti tutorialnya tentang domain mapping.

Syarat lainnya, untuk sementara WordAds hanya diperuntukkan bagi blog wordpress.com yang berbahasa Inggris. Maklum kan klien si Federated Media-nya kan mungkin belum ada yang dari Indonesia, jadi yang jadi sasaran pasti pengunjung berbahasa Inggris.

Bagi yang merasa blognya telah memenuhi syarat silahkan isi form pendaftaran untuk ikutan WordAds ini di apply for WordAds . Bagi yang belum, sabar ya…. (Tenang saya pun masuk dalam golongan yang harus sabar kok.. hehe)

Selamat mencoba dan semoga berhasil^^

  • benar mas ini kabar gembira

  • wah masih untuk yg berbahasa inggris ya

  • berita menggembirakan bagi pengguna wordpress… saya blog wp.com saya sudah lama tidak terurus… dan masih bahasa indonesia lagi :D… Salam kenal Mas…

  • kalau mau upgrade apa mesti pake paypal yang udah verified mas?

    • ya… setahu saya memang harus verified jika ingin upgrade

  • kalau sekarang kan google adsense sudah mendukung bahasa Indonesia, apa WordAds tidak mendukung bahasa Indonesia ya..

  • Jadi tergiur niy, buat nyoba om wordads…