Cara Mendapatkan Text Lengkap Lorem Ipsum atau Lipsum dan Alasan menggunakannya

1268

Lorem Ipsum atau Lipsum adalah Dummy Text yang biasa digunakan oleh pekerja grafis untuk mempresentasikan tampilan tipografi dari karyanya. Awalnya saya mengira text lorem ipsum atau lipsum ini adalah kata acak-acakan yang tidak ada artinya dan dirubah sesuai selera oleh para desainer. Asumsi tersebut setelah saya melihat text lipsum yang digunakan oleh tiap desainer kadang berbeda satu dengan yang lainnya.

Menggunakan Lorem Ipsum atau Lipsum sebagai Dummy Text sebagian ada yang memperbolehkannya dan sebagian lagi ada yang kurang menyarankannya. Tapi ingat ini bukan hukum halal dan haram yang musti kudu dilakukan atau ditinggalkan.  Ini hanyalah upaya untuk menarik hati klien. Jadi tidak usah terlalu diperdebatkan, semua tergantung selera, situasi dan kondisi 😀

Kenapa tidak disarankan menggunakan lorem ipum?

Saya tahun 2010 silam ketika mulai belajar main html saya membaca sebuah artikel yang tidak menyarankan Lorem Ipsum sebagai dummy text. Alasannya karena menggunakan lipsum terlihat tidak profesional dimata klien. Saya lupa link nya maklum sudah 3 tahun yang silam :D.

Alasan artikel tersebut ada benarnya jika klien sudah memberikan seluruh materi yang akan digunakan pada desain sehingga Lipsum tidak diperlukan lagi. Atau kita tahu kemungkinan dari materi dari desain karena mungkin telah melihat atau mendesain sebelumnya, lipsum pun bisa diabaikan karena kita bisa merangkai sendiri materi kata per katanya. Dan percayalah… teknik merangkai kalimat seperti ini jika benar – benar tepat sasaran sesuai keinginan klien maka Anda akan terlihat sangat sangat sangat professional di mata klien.

Alasan lain untuk tidak menggunakan lipsum adalah jika kita kenal dekat dengan klien. Maka kita lebih bebas mengisi dummy text sesuai selera. Atau mungkin bisa kita ganti dengan quote atau kalimat kesukaan klien tersebut. Semua terserah pada kebiasaan sang desainer untuk memikat hati klien …

Kenapa harus menggunakan Lorem Ipsum ?

Jika kita ikutan kontes di situs freelance, maka kita akan menemukan kenapa Lorem Ipsum begitu berarti. Biasanya si pemilik kontes tidak menjelaskan sampai ke detail kalimat yang akan dipergunakan. Biasanya hanya sampai layout, bagian-bagian yang ingin di fokuskan, warna beserta contoh inspirasi desain yang diinginkan. Pada saat seperti itulah lorem ipsum menjadi andalan.

Apakah lorem ipsum bisa diganti dengan text lain? Tentu saja bisa… kita bisa merangkai dummy text sendiri sebagai pengganti lorem ipsum. Tapi ada baiknya kita mengetahui kelebihan dari lorem ipsum sehingga lebih mengenal alasan kenapa sejak ratusan tahun lalu sampai sekarang Lorem Ipsum tetap diandalkan sebagai dummy text.

1.    Penyebaran Huruf dan Kata yang Merata

Inilah keajaiban dari lorem ipsum. Lipsum memiliki penyebaran huruf dan kata yang merata sehingga ketika dummy text tersebut diganti dengan text yang seharusnya pada sebuah desain maka secara keseluruhan desain tersebut tampak tak berubah. Karena itulah gunanya lipsum untuk mewakili kalimat atau paragraf yang akan digunakan nantinya.

2.    Sifatnya Netral

Alasan lorem ipsum digunakan juga dikarenakan lipsum dirasakan memiliki makna atau arti yang netral. Tidak menyinggung barat atau ketimur. Misalkan kita mengarang dummy text sendiri berdasarkan naluri dan pemikiran kita sendiri, suatu saat dikhawatirkan kita bertemu dengan klien yang berseberangan pemikiran dengan kita. Alhasil klien tersebut akan langsung ngacir…. Lipsum berguna untuk mengantisipasi hal – hal seperti ini.

3.    Sudah lumrah digunakan

Yup… karena dua kelebihan diatas, maka lipsum menjadi dummy text yang paling umum digunakan oleh para desainer. Dan karena sudah umum, maka klien pun secara perlahan mulai teredukasi tentang kelebihan lipsum. Makanya jangan heran jika klien bule kadang meminta kita menggunakan lipsum untuk contoh kalimat atau paragraph. Sekali lagi kita tidak usah terlalu memusingkan tentang perdebatan boleh atau tidak boleh menggunakan lorem ipsum. Intinya gunakan dengan bijak, ada kalanya kita harus menggunakan lipsum juga ada kalanya kita jangan menggunakannya.

Cara Mendapatkan Text Lengkap Lorem Ipsum atau Lipsum

Kalau begitu dimana saya bisa mendapatkan text lengkap lorem ipsum? Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan saya sendiri kala itu. Setelah googling akhirnya ketemu dengan situs id.lipsum.com untuk yang versi bahasa Indonesia. Saya tidak tahu ini situs resmi atau bukan, tapi setidaknya situs tersebut cukup lengkap menyediakan berbagai lipsum untuk berbagai kebutuhan. Untuk mendapatkan text lipsum yang lengkap perhatikan bagian seperti gambar di bawah ini pada situs tersebut.

lipsum

Tinggal pilih mau lorem ipsum dalam bentuk paragraph, kata, huruf/bytes atau list/daftar.  Dan hasilnya akan tampak seperti di bawah ini,

Lorem Ipsum dalam  Bentuk Paragraf ( Contoh 5 Paragraf )

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Sed sodales ante tortor. Aliquam nec mi lorem, sit amet tincidunt metus. Nulla porta posuere imperdiet. Etiam tincidunt purus lectus. Morbi vestibulum accumsan velit a venenatis. Donec consequat leo nec nibh fermentum faucibus eu eu tortor. Nullam fermentum sapien eget justo bibendum lobortis.

Vivamus commodo orci quis lacus viverra quis tristique ipsum porttitor. Morbi pulvinar eleifend lectus, ut lobortis erat elementum blandit. Pellentesque facilisis magna dignissim arcu tristique blandit. Suspendisse fringilla, enim in varius tempor, turpis eros malesuada libero, ac blandit nisl sem at justo. Duis eleifend porttitor accumsan. Sed nec dolor justo, sagittis viverra dui. Maecenas fermentum, ipsum nec vehicula fermentum, velit lorem dapibus augue, non tincidunt leo arcu non ipsum. Cras porttitor porta feugiat.

Donec nisl nibh, ornare id rutrum non, volutpat egestas erat. Curabitur sed lacinia lacus. Suspendisse nisl tortor, accumsan et iaculis et, varius in mi. Morbi condimentum ante quis eros adipiscing et volutpat est elementum. Donec vehicula viverra massa sed euismod. Morbi purus felis, pellentesque in rutrum non, semper at neque. Aliquam nec mi est. In porta nulla velit, et iaculis felis.

Vestibulum odio libero, viverra et accumsan vel, porta at elit. Mauris semper tincidunt aliquet. Etiam malesuada varius est ut suscipit. Suspendisse potenti. Nunc vel eros facilisis ipsum convallis mattis. Nunc non neque diam, sed scelerisque urna. Nulla ac mi quis metus euismod lobortis in a odio. Maecenas ac sem nec orci sodales interdum a et est. Donec eu massa vitae magna molestie scelerisque ac eget arcu.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Praesent vel nibh velit. Proin eu auctor orci. Ut facilisis nisl in urna vulputate vehicula. Nam pulvinar mollis egestas. Donec faucibus pretium risus lobortis mollis. Nunc tincidunt convallis blandit. Sed in orci augue, ornare pharetra tortor. Nullam vehicula dignissim massa, at tincidunt orci varius sed. Curabitur faucibus risus at justo commodo lobortis. Fusce luctus augue in enim viverra a aliquam massa commodo. Pellentesque justo ante, sodales nec ultrices et, faucibus ac nibh.

Lorem Ipsum dalam Bentuk  Kata per Kata

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nulla lectus arcu, pulvinar scelerisque tempus id, aliquet et ipsum. In urna. (Contoh 20 Kata)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus id erat odio. Vestibulum leo lectus, accumsan hendrerit tempor vel, auctor faucibus est. Morbi at nisi eget quam rhoncus viverra vitae a lacus. Mauris erat odio, facilisis sed accumsan in, tincidunt et magna. Pellentesque blandit augue in est pharetra ut eleifend. (Contoh 50 Kata)

Lorem Ipsum dalam Bentuk Huruf

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur cras amet. ( Contoh 50 Huruf )

Lorem Ipsum dalam Bentuk  List atau Daftar

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
  • Nulla a nibh sed est vehicula tristique vitae id massa.
  • Fusce sodales feugiat massa, ut bibendum augue sagittis in.
  • Cras pellentesque metus sed tellus venenatis ac aliquam augue egestas.
  • Integer vestibulum aliquam urna, eu ornare mi pharetra ac.
  • Vivamus sed odio nunc, et tristique elit.
  • Aliquam vitae enim purus, a congue nulla.
  • Vestibulum auctor sem vel ante viverra euismod.
  • Vestibulum sodales mi eu nisi bibendum a fermentum lacus scelerisque.
  • Cras interdum vehicula lorem, vel gravida mi cursus vitae.
  • Ut sed dui nibh, non cursus nisi.

    Alternatif lain Lorem Ipsum

    Ingin alternatif lain dari text lorem ipsum silahkan baca artikel dari 1stwebdesigner. Silahkan dipilih sesuai selera 😀

    Demikian postingan ringan tentang Cara Mendapatkan Text Lengkap Lorem Ipsum atau Lipsum dan Alasan menggunakannya. Semoga bermanfaat dan selamat berLorem Ipsum Ria…