Membuat Background Bernuansa Grunge di Corel Draw

Advertisements

Pertama denger istilah “Grunge” adalah ketika masa SMP dimana lagu Nirvana dan Pearl Jam begitu menginspirasi teman-teman saya. Dari situlah saya beranggapan “Grunge” adalah aliran musik. Tapi setelah belajar desain, para master sering menyebut istilah grunge juga. Jadi Background Grunge disini maksunya background yang ada texture yang memberi kesan agak gimana gitu. Maklum belajarnya otodidak, ngerti tapi tak bisa menjelaskan hahaha…. . Jika ada yang tahu definisi yang lebih bisa dipertanggungjawabkan, beritahu saya yah :ngarep:

Ini adalah bagian pertama dari tutorial membuat wallpaper Ramadhan yang telah diterbitkan beberapa waktu lalu. Langsung saja kita membuat background bernuansa grunge…
Buat lembar kerja baru caranya dengan memilih menu file – new. Ukuran kertas atur ke letter dengan posisi landscape dan unit ke millimeter (optional).

Selanjutnya kita buat background untuk wallpaper kita kali ini. Kita pilih warna hijau gelap dan hitam dengan kombinasi tekstur untuk sedikit memberi kesan grunge. Langsung saja…  Double Klik pada icon rectangle tool pada toolbar untuk mendapatkan kotak sebesar ukuran kertas. Kemudian pilih texture fill. Pada jendela baru kita pilih “samples” pada opsi texture library dan “Red brick” pada opsi texture list.

membuat wallpaper ramadhan 1

Pilih warna “grass green” pada shade dan “black” pada light. Hasilnya akan tampak seperti ini.

membuat wallpaper ramadhan 2
Masih perhatikan gambar diatas, langkah selanjutnya adalah membuat kotak baru dengan double klik pada rectangle tool. Lalu pilih fountain fill. Pada jendela yang muncul. Pilih “radial” untuk type. Horizontal “25” pada offset dan pilih “black” pada from dan “green” pada to.

Selanjutnya adalah memberi efek transparansi. Pilih Intractive Transparancy Tools, perhatikan property bar (dibawah menu) yang menampilkan opsi baru. Pilih “uniform” pada jenis transparansi dan “30” pada opacity. Petunjuk dan hasil akhirnya lihat gambar dibawah.
membuat wallpaper ramadhan 3

Sekarang  kita telah mempunyai background untuk wallpaper Ramadhan kita. Pada Tutorial Selanjutnya akan dipelajari bagaimana cara menggambar masjid sederhana yang akan kita tempatkan di background yang telah kita buat. So don’t miss it…


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. papap arfa
    • Agito

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *