Mengatur Shortcut pada CorelDraw

Advertisements

Shortcut atau jalan pintas berguna untuk mempercepat pekerjaan, hal ini karena kita bisa langsung menggunakan sebuah perintah hanya dengan menekan sebuah tombol. Bagi yang baru mengenal CorelDraw tentu sedikit kesulitan dengan shortcut yang versi default. Apalagi bagi yang sudah terbiasa dengan software dari Adobe seperti Photoshop atau Ilustrator tentu perlu waktu untuk membiasakan diri. Kalo saya malah sebaliknya, karena tuntutan pekerjaan, saya lebih sering main CorelDraw dibandingkan 2 software tersebut.

Kabar baiknya, CorelDraw memperbolehkan kita mengatur sendiri shortcut – shortcut yang kita sukai untuk setiap perintah. Tinggal pilih sesuai kebiasaan. Jadi jangan terlalu heran jika kita pinjam kompi orang lain tapi shortcut defaultnya tidak berfungsi. Kemungkinan shortcutnya telah diganti oleh si empu kompi tersebut.  (resiko cuma minjem hehe.. )

Memasukan Gambar ke dalam Powerclip

Sebagai contoh saya akan memberi shortcut pada perintah Place Inside Container untuk membuat powerclip. Secara default perintah tersebut bisa dicapai dengan menekan secara berurutan Alt + C + W + P atau dengan kursor pada menu Effect – PowerClip – Place Inside Container. Terlalu bertele-tele bukan? Untuk itu kita perlu meringkasnya dengan hanya menekan sebuah tombol.

Pertama klik kanan pada bar bagian atas yang kosong, selanjutnya klik Customise – Property Bar Toolbar – Properties. Supaya tidak bingung lihat gambar dibawah….

mengatur shortcut

Setelah itu muncul tab baru, Klik Commands kemudian cari icon Place Inside Container (karena contohnya kita sedang ingin memberi shortcut pada perintah tersebut). Jika sudah ketemu, lalu pilih tab Shortcut Keys. Masukkan shortcut yang diinginkan lalu klik Assign. Lihat lagi gambar supaya lebih jelas,

shorcut coreldraw

Catatan, jika sebuah perintah atau command telah memiliki shortcut secara default, maka pada form Current Shortcut Keys akan tampak shortcut default tersebut. Untuk menggantinya tinggal Delete aja lalu masukkan shortcut baru yang kita inginkan.

Selamat mencoba dan semoga pekerjaannya sekarang lebih cepat selesai.


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. msn hotmail
  2. how much house can i afford
  3. new apk Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *