Mengatur Spasi/Jarak Antar Objek di Corel Draw

Advertisements

Masih tentang Tutorial Corel Draw Dasar, kali ini tentang mengatur spasi/jarak antar objek di Corel Draw. Fungsinya banyak, bisa membuat jarak antar objek menjadi sama secara otomatis. Yang paling sering saya gunakan ketika mendesain kartu undangan. Karena paragraph textnya banyak sehingga untuk membuatnya  terlihat rapi saya menggunakan cara ini. Cepat dan praktis daripada kita atur secara manual.

Langsung saja, untuk langkah pertama buat objek berupa lingkaran atau kotak. Buat beberapa buah dan tempatkan secara acak. Karena tutorial ini akan membuatnya rapi dengan jarak yang sama secara otomatis. Lihat gambar biar lebih jelas.

spasi yang sama antar objek
Langkah kedua, seleksi semua objek tersebut ( Crtl+A ) lalu pilih menu Arrange  – Align and Distribute – Align and Distribute , kemudian muncul jendela baru seperti pada gambar dibawah,

spasi yang sama antar objek2

Pada tab Align, pilih center pada posisi vertikal, sehingga objek akan sejajar satu sama lain. Perintah ini sama dengan cukup menekan huruf C , baca postingan menentukan posisi suatu objek terhadap objek di CorelDraw. Pada tab Distibute pilih center pada posisi horizontal (Lihat Gambar di atas ). Hasilnya jarak/spasi antar objek tersebut akan sama. Cepat bukan? Lihat hasilnya pada gambar dibawah ini,

spasi yang sama antar objek3

Jika merasa menggunakan metode penelusuran dari menu dirasa terlalu berbebelit-belit, kita bisa memberi shortcut untuk memanggil jendela Align and Distribute tersebut. Caranya baca Mengatur Shortcut di Corel Draw.

Menggunakan Perintah Ctrl+R

Kegunaan Ctrl+R adalah untuk menduplikat perintah terakhir yang kita kerjakan di Corel Draw. Jadi ini bisa kita gunakan untuk membuat objek yang banyak dengan jarak/spasi yang sama secara cepat.

Caranya kita buat sebuah objek berupa lingkaran, Lalu duplikat dengan cara menekan SHIFT dan Klik Kanan pada daerah dimana kita mau membuat objek hasil duplikat. Selanjutnya kita tinggal tekan CTRL+R secara bersamaan. Hasilnya berupa objek baru yang berjajar dengan rapi dan memiliki jarak/spasi yang sama.

spasi yang sama antar objek4
Selamat Mencoba…


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *