Menggambar Masjid Sederhana di Corel Draw

Advertisements

Setelah sebelumnya kita berhasil membuat background bernuansa grunge, sekarang kita masuk pada langkah selanjutnya dari seri tutorial membuat Wallpaper Ramadhan yaitu menggambar masjid. Salah satu kesan Ramadhan adalah berlomba-lomba memakmurkan masjid jadi rencananya akan kita gambar masjid. Tentu saja gambar masjidnya yang sangat sederhana aja supaya mudah menjelaskannya dan mudah pula diikuti oleh pemula sekalipun. Karena saya sedang belajar membuat tutorial yang sedetail mungkin (InsyaAllah). Yang paling penting, kita akan belajar beberapa teknik yang mungkin dapat mempercepat pekerjaan desain kita.

Menggambar Kubah Masjid

Dalam menggambar masjid, hal yang pertama kita gambar adalah kubah masjid. Yang biasanya identik dengan bentuk hati kebalik. Kita mulai aja…

Buat sebuah kotak  kemudian kita ubah kotak tersebut menjadi sebuah curve supaya bias kita edit. Perintahnya ada di Menu – Arrange – Convert to Curves atau shortcutnya Crtl+Q. Pada toolbar pilih Shape Tools (gbr no.1), kemudian seleksi node bagian kiri atas dari persegi tadi lalu Delete untuk menghapus node tersebut (gbr no.2).

Sekarang Persegi tadi sudah berubah menjadi segitiga siku-siku. Masih dengan Shape Tools kita klik pada sisi terpanjang dari segitiga tersebut (gbr no.3). Perhatikan sekarang Property Bar akan menampilkan opsi untuk memodifikasi garis yang tadi kita klik tadi (gbr no.4). Karena kita akan membuat lengkungan maka pilih yang gambar melengkung ( Convet Line to Curve ). Supaya lebih jelas perhatikan gambar berikut,

membuat kubah masjid

Langkah selanjutnya adalah merubah garis tadi menjadi sebuah lengkung.  Masih dengan shape tools, kita seleksi node atap segitiga. Akan muncul 2 buah garis biru untuk mengatur kelengkungan.  Tarik garis biru tersebut sampai mendekati garis tegak lurus sehingga menghasilkan lengkung kedalam (gbr no.1). Setelah dirasa cukup kita lanjut dengan menyeleksi node ujung kiri dari segitiga. Untuk node ini, garis bantunya kita tarik keluar sehingga menghasilkan lengkung keluar atau cembung (gbr no.2).

Karena dirasa terlalu lebar, maka kita seleksi lagi node sudut kiri tersebut lalu drag kearah kanan sambil menahan Crtl supaya tetap lurus alias tidak bergeser. Tujuannya supaya kubah yang kita buat tidak terlalu lebar  (gbr no.3). Supaya lebih jelas perhatikan gambar berikut,

membuat kubah masjid 2
Lanjut gan… sekarang kita akan belajar menduplikasi objek dengan teknik mirror. Gambar yang telah berhasil kita buah adalah setengah kubah. Nah sekarang kita buat menjadi kubah utuh.

Klik gambar ½ kubah dengan pick tool. Arah kan pointer ke sisi kiri tepat pada titik pertanda aktif, jika pointer mouse telah berubah menjadi bentuk 2 arah mata panah tekan Crtl supaya sejajar lalu drag ke sebelah kanan untuk melakukan duplikasi secara mirror dengan garis tegak lurus sebagai sumbunya (Gbr no.1). Setelah diperkirakan mendapatkan hasil duplikasi yang pas, klik kanan untuk benar-benar menduplikasi gambar ½ kubah tersebut (Gbr no.2). Langkah selanjutnya seleksi kedua gambar tersebut dengan pick tool lalu pada property bar pilih weld. Baca artikel tentang weld disini.

membuat kubah masjid 3

Membuat Bangunan Masjid

Kubahnya sudah beres, tinggal membuat bangunannya. Langsung saja gan, mumpung semangat :) Pertama kita buat sebuah persegi dengan sudut yang rounded alias tidak runcing.  Caranya kita buat persegi seperti biasa. Pilih shape tools pada tool bar.  Seleksi node pada sudut persegi tersebut lalu tarik kedalam. Secara otomatis maka persegit tersebut akan memiliki sudut yang rounded (Gbr No.1).

Simpan gambar kubah yang telah kita buat sebelumnya di bagian atas persegi tersebut. Seleksi keduanya dengan pick tool lalu tekan C. Maksudnya “center” supaya objek yang satu berada di tengah objek yang lain. Baca artikel ini supaya lebih jelas mengenai teknik men-center-kan objek seperti ini. Kemudian satukan dengan teknik Weld (Gbr No.2).

Selanjutnya kita akan membuat jendela dan pintu untuk bangunan masjid. Buat Jendela dari hasil perpaduan antara persegi dan lingkaran. Untuk pintu cukup dengan sebuah persegi. Lalu trim bangunan masjid tadi dengan gambar jendela dan pintu (Gbr No.3).  Alhamdulillah sekarang kita sudah memiliki gambar masjid yang utuh. Untuk teknik trim silahkan baca juga di artikel ini.

membuat masjid

Membuat Menara Masjid

Biar lebih manis, kita buat menara untuk masjid sederhana kita ini. Caranya mudah… buat lagi dari awal kubah sama bangunan masjid sampai gambar no.2 pada gambar sebelumnya (gambar diatas). Perkecil ukurannya lalu simpan disebelah kanan masjid. Pilih shape tools pada tool bar. Seleksi bagian bawah menara (Gbr No.1). Setelah node yang terseleksi aktif, drag seluruh node yang aktif tersebut ke bawah sampai sejajar sama masjid. Jangan lupa sambil drag tekan Crtl supaya hasilnya lurus (Gbr No.2).

Lalu beri hiasan jendela untuk menara, caranya sama ketika kita memberi hiasan jendela untuk gambar masjid utama. Untuk menara kita buat tiga buah jendela lalu TRIM.  Setelah selesai, seleksi seluruhnya antara dan WELD. Sehingga kita sudah berhasil membuat gambar masjid dan menara yang menyatu (Gbr No.3).

membuat masjid 2

Menempatkan Masjid pada Background

Setelah gambar masjidnya jadi, sekarang kita tempatkan pada background yang telah kita buat pada artikel sebelumnya. Tempatkan masjid pada bagian yang paling terang dari background (Gbr No.1).  Setelah dirasa pas, hilangkan outlinenya dan beri warna putih untuk masjid kita ini (Gbr No.2).  Sekarang kita akan memberi sedikit efek bayangan pada masjid. Caranya duplikat masjid dengan cara drag masjid ke arah atas lalu klik kanan. Jaraknya sedikit saja, namanya juga buat bayangan. Ingat selalu tekan Crtl ketika melakukan duplikasi dengan drag (Gbr No.3).

Selanjutnya beri warna hitam pada masjid hasil duplikasi tadi (Gbr No.4). Lalu tempatkan masjid yang berwarna hitam di bawah masjid yang berwarna putih. Caranya pilih si hitam dengan pick tool lalu tekan Crtl+PageDown (Gbr No.5). Sekarang si putih ber