Menggunakan Font Navigator dari Corel

Advertisements

Font Navigator adalah software pendukung buat Corel Draw. Sejak saya mengenal CorelDraw sejak versi 11  sampai sekarang menggunakan Corel Draw X4 ( Pengennya sih Corel Draw X6 yang terbaru ), Font Navigator selalu setia mendampingi Corel Draw. Memang apa sih Font Navigator itu? Font Navigator semacam software untuk mengelola penggunaan font di kompi kita. Biasanya seorang desainer memiliki koleksi font yang banyak sekali, jika semua font tersebut langsung diinstal ke dalam sistem komputer bisa menghambat kinerja sistem itu sendiri. Dengan Font Navigator ini, kita bisa memilih hanya font yang sering kita gunakan saja untuk kita instal pada sistem.

Karena dunia desain tidak bisa dilepaskan dengan urusan font atau tipografi, maka aplikasi semacam Font Navigator cukup membantu. Berikut adalah cara menggunakan Font Navigator dari Corel dan beberapa kegunaannya berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Setting Pertama pada Font Navigator

Secara default, Font Navigator akan terinstal bersama dengan Corel Draw. Opsinya pilihannya ada ketika kita menginstal Corel Draw. Jadi supaya tidak repot, pilih saja default ketika melakukan instalasi Corel Draw.

Ilustrasinya, Font Navigator sudah berhasil terinstal di kompi kita. Sekarang kita akan melakukan settingan awal untuk font navigator. Langsung saja kita buka program Font Navigator. Ketika pertama kali dijalankan, Font Navigator akan meminta kita untuk mendeteksi seluruh font yang ada di kompi kita. Semua font yang terdeteksi maka akan masuk dalam Font Catalog. Jadi Font Catalog masih terdiri dari font yang sudah ada dalam sistem dan font yang ada di luar sistem. Font yang ada dalam sistem bisa kita temukan pada folder WINDOWS – FONTS, dimana biasanya kita melakukan instalasi font secara manual.

Petama akan muncul tampilan Font Navigator Wizard, Pilih NEXT lalu akan muncul tampilan seperti ini,

font navigator2

Supaya Font Navigator membuat font catalog dari seluruh drive yang ada pada kompi kita. Centang seluruh drive lalu pilih NEXT.

Selanjutnya, font navigator akan melakukan pendeteksian terhadap seluruh font yang ada dalam drive kompi kita. Tunggu saja sampai prosesnya selesai. Jika telah selesai, maka akan muncul 4 jendela pada font navigator;

  • Font Catalog : Semua font yang ada pada kompi, baik yang sudah terinstal pada sistem maupun tidak.
  • Installed Font : Semua font yang sudah terinstal pada sistem.
  • Font Groups : Fitur yang bisa kita gunakan untuk mengelompokan font berdasarkan kebutuhan. Misalkan Font untuk kartu undangan, web desain dan lain-lain.
  • Font Sample : Contoh tampilan font dalam sebuah kalimat. Versi default kalimat yang muncul adalah : The Quick Brown Fox Jumps Over The Lazy Dog. Ini semacam lipsum dan tentu saja bisa kita edit sesuai kebutuhan pada menu VIEW – CHANGE SAMPLE TEXT.

Cara Install dan Uninstall Font dengan Font Navigator

Font Navigator mempermudah kita untuk melakukan install dan uninstall font dari sistem windows. Caranya cukup dengan klik kanan pada font yang ada pada jendela Font Catalog lalu pilih INSTALL FONTS.

font navigator4

Untuk melakukan uninstall pun mudah, klik kanan pada  font yang ingin kita uninstall pada jendela Installed Fonts lalu pilih UNINSTALL FONTS.

font navigator6

Menyalin dan Memindahkan Font dengan Font Navigator

Font Navigator pun mempermudah kita untuk menyalin atau memindahkan font. Fitur ini terasa berguna ketika kita akan memindahkan desain kita ke kompi yang lain. Tidak seperti photoshop, Corel Draw akan secara otomatis mengganti font pada sebuah desain, jika font tersebut tidak ditemukan pada sistem dimana Corel Draw dijalankan.

Karena itulah ketika kita akan melanjutkan desain di kompi yang lain maka sebaiknya kita salin sekalian semua font yang kita gunakan pada desain tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi jika di kompi tujuan belum terinstal font-font tersebut.

Contoh lainnya ketika kita akan mencetak sebuah desain ke perusahaan percetakan. Selain membawa file desain, sangat dianjurkan untuk membawa serta font yang digunakan pada desain tersebut.

Untuk melakukan penyalinan dan pemindahan font dengan Font Navigator, cukup dengan seleksi font yang ingin kita salin. Bisa lebih dari satu. Lalu pilih menu EDIT – COPY (untuk salin) atau EDIT – MOVE (untuk pindah), selanjutnya tentukan drive tujuan.

font navigator5

Membuat Font Groups dengan Font Navigator

Kita pun bisa mengelompokan beberapa font kedalam grup yang kita buat. Sebagai contoh, jika kita sering mendesain kartu undangan, maka kita akan berhadapan dengan pilihan font cocok dengan nuansa pernikahan. Sebetulnya bebas tapi biasanya konsumennya pun minta font yang begitu-begitu juga. Nah untuk kebutuhan seperti ini, kita bisa membuat grup khusus untuk font Kartu Undangan. Jadi kita tidak perlu menghafalnya satu persatu dan mencarinya pada font catalog. Kita cukup buka grup  font kartu undangan saja.

Caranya, buat dulu grup yang kita butuhkan pada menu FILE – NEW FONT GROUP.  Lalu beri nama sesuai keinginan. Untuk menambahkan font ke dalam grup, cukup dengan menyeret (drag) font yang kita inginkan dari font catalog ke grup yang baru saja kita buat.

font navigator3

Meminimalisir Mising Fonts dengan Font Navigator

Missing Fonts adalah kondisi di mana sebuah desain yang di dalamnya mengandung font yang tidak ditemukan pada sistem dimana Corel Draw dijalankan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Corel Draw akan mengganti otomatis dengan font yang lain. Alhasil, desain yang kita buat berjam-jam akan berubah seketika. Sangat menjengkelkan.

Kasus ini biasanya terjadi ketika kita akan melakukan pencetakan, memindahkan desain ke kompi lain atau kompi kita baru saja diperbaiki atau diinstall ulang. Pengalaman saya, pada ketiga kondisi tersebut missing fonts sering saya alami.

Font Navigator dengan font catalog bisa meminimalisir mising fonts ini. Hal ini karena, font navigator akan mencarikan pengganti dari font yang hilang dari database font catalog. Contohnya seperti gambar di bawah,

font navigator7

Ceritanya saya akan membuka sebuah desain yang didalamnya digunakan font ENVIEW BOLD. Pada kompi saya, font tersebut belum terinstal pada sistem. Ternyata Font Navigator menemukan bahwa ENVIEW BOLD ada pada folder FONTS di drive D dan menyarankan kita untuk langsung menginstallnya cukup dengan pilih OK. Maka secara otomatis ENVIEW BOLD terinstall pada sistem dan desain kita akan terbuka secara sempurna.

Selamat mencoba…. Sekedar berbagi pengalaman, silahkan dikoreksi atau ditambahkan.


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. silver account
  2. EghyR01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *