Teknik Pecah Warna dengan Find and Replace di Corel Draw

2820

Nah kali ini kita akan belajar tentang Teknik Pecah Warna dengan Find and Replace di Corel Draw. Teknik Pecah Warna berguna ketika desain yang telah kita buat ingin kita cetak dalam jumlah banyak alias masal. Ada banyak teknik pecah warna yang lain tapi kali ini yang kita pelajari adalah teknik pecah warna dengan menggunakan fasilitas ‘Find and Replace’ yang ada di Corel Draw. Teknik ini adalah teknik yang termudah menurut saya. Kelemahannya teknik ini hanya berguna untuk desain yang terdiri dari warna solid. Jadi untuk teknik pecah warna desain yang ada photo atau gradien, tidak bisa menggunakan cara ini.

Pada dasarnya, teknik pecah warna adalah mengelompokkan beberapa jenis objek pada desain yang memiliki warna sama. Tiap kelompok warna tersebut kemudian dirubah menjadi warna hitam dan di print secara terpisah. Printer yang digunakan biasanya berupa printer laser bukan inkjet. Itulah alasannya kenapa harus dirubah menjadi warna hitam, supaya tiap warna memiliki warna 100% solid ketika diterjemahkan oleh tinta mesin cetak.

Kita langsung saja, seperti biasa saya akan memberi contoh desain yang sangat sangat sangat sederhana. Hehe… Biasa gambar bulat bulat dengan warna yang berbeda. Jadi ini hanya untuk pemahaman dasar saja. Untuk desain yang lebih komplek, tinggal kita kembangkan dari pemahaman dasar ini.

1. Siapkan desain yang akan kita pecah warnanya.

Sebagai contoh, saya buat beberapa gambar lingkaran yang terdiri dari warna kuning dan merah. Seperti di bawah ini.

merubah warna secara cepat

Seperti yang telah dijelaskan diatas, kita akan mengelompokan tiap warna. Jadi kuning akan kita buat satu group, merah satu group, kita rubah warnanya menjadi hitam dan kita print secara terpisah. Sebenarnya untuk desain sederhana seperti ini kita bisa dengan mudah menyeleksinya secara manual. Tapi kali ini kita akan menggunakan fasilitas ‘Find and Replace’ yang akan mempermudah kita jika bertemu dengan desain yang lebih komplek.

2. Find and Replace

Pilih menu Edit – Find and Replace – Replace Objects, akan muncul jendela baru berupa beberapa opsi yang kita pilih. Jadi kegunaan ‘Find and Replace’ ini bisa juga kita gunakan untuk merubah pallete, outline pen dan text properties. Tapi untuk kebutuhan pecah warna kita pilih yang pertama yaitu ‘Replace a Color’.

teknik pecah warna secara cepat 1

Akan muncul jendela baru seperti tampak pada gambar diatas. Pada find kita pilih warna kuning dan replace kita pilih warna hitam. Pada opsi Replace Colors Used As kita pilih fills. Karena yang akan kita seleksi adalah warna fills bukan outline.

3. Grouping dan rubah warnanya menjadi hitam.

Akan muncul jendela baru. Kita pilih Find All. Sekarang seluruh lingkaran warna kuning akan terseleksi. Bisa saja kita langsung menekan Replace All. Tapi sebaiknya jangan dulu karena jika itu kita lakukan maka kita harus melakukan seleksi terhadap warna kuning yang telah menjadi warna hitam secara manual dan kita buat dalam satu group.

teknik pecah warna secara cepat 2

Solusinya adalah setelah kita menekan Find All. Kita tutup jendela tersebut. Langsung kita tekan Crtl + G untuk melakukan Grouping terhadap warna kuning. Lalu kita rubah warnanya menjadi warna hitam secara manual dengan melakukan klik kiri pada warna hitam di palet warna.

4. Ulangi langkahnya untuk warna merah

Setelah kuning selesai, sekarang kita ulangi prosesnya untuk warna merah. Kita mulai lagi dari langkah 1 sampai 3.

5. Printing

Setelah semuanya warna terbagi dalam group tersendiri. Tinggal kita buat halaman baru dengan properti yang sama dengan halaman pertama. Kita CUT ( Crtl + X ) salah satu dari group warna tersebut dan PASTE ( Crtl  + V ) pada halaman baru tadi. Tinggal kita print satu persatu. Ini adalah proses yang paling umum.

Untuk kebutuhan cetak menggunakan sablon dan khusus untuk desain seperti contoh kali ini, kita tidak perlu membuat halaman baru. Kita tinggal merubah semuanya menjadi warna hitam biar si tukang sablonnya yang melakukan seleksi tutup buka pada tiap warna. Atau bisa juga kita tinggal menggeser satu kelompok warna supaya si tukang sablonnya mudah membedakan mana yang warna kuning dan mana yang warna merah.

teknik pecah warna secara cepat

Kesimpulannya, untuk teknik pecah warna kita harus tahu desain kita akan dicetak dengan mesin atau sablon. Untuk desain yang komplek sebaiknya kita diskusikan dengan operator cetaknya. Biasanya setiap operator memiliki kebiasaan dan teknik yang berbeda dalam melakukan pencetakan.

Selamat mencoba dan salam 😆