Tutorial CorelDraw : Efek 3D pada text

Advertisements

Memberi efek 3D (Tiga Dimensi) pada text di CorelDraw memang agak sulit, maklum software ini spesialis untuk mengolah gambar berbasis vektor. Yang sering saya lakukan jika ingin memberi efek 3D seperti emboss biasanya dengan melakukan export dan import dengan photoshop. Tapi cara tersebut memang sedikit merepotkan. Untuk efek transparan saya rasa di CorelDraw pun mudah, tinggal menggunakan transparency tool.

Postingan kali ini hanya ingin berbagi pengalaman mengenai memberi sedikit efek 3D pada sebuat text di Coreldraw tanpa bantuan photoshop.

Pertama, tulis sebuah kata misalkan “notink“. Lalu beri sedikit efek gradient. Bisa dengan fountain fill atau interactive fill.

1 gambar 3 dimensi

Gambar oval atau eclip yang melintasi text. Klik oval tersebut lalu sambil menekan crtl, klik text tadi supaya dua – duanya dalam keadaan aktif. Lalu tekan tombol intersect. (lihat gambar)

2 gambar 3 dimensi

Buang oval tadi, beri warna putih pada objek hasil intersect tadi. Kemudian beri efek transparan.

3 efek 3 dimensi

Buat duplikasi dari text dengan arah terbalik, caranya klik pada bagian atas text lalu drag ke arah bawah sambil menekan ctrl dan akhiri dengan klik kanan ketika text sudah terbalik sempurna. Finishing dengan memberi transparansi pada text terbalik tadi supaya terlihat seperti bayangan di air.

4 efek 3d

Hasil akhirnya kurang lebih akan terlihat seperti ini,

gambar 3d

Ini hanya penjelasan sederhana, untuk mendapatkan efek 3D yang lebih komplek tinggal mengasah imaginasi dan kreatifitas. Selamat mencoba.


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. Rāma Putra Īśvara
  2. tauco tjiandzoer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *