Ukuran untuk Desain Web di CorelDRAW

848

Ini postingan singkat, tentang satuan ukuran untuk mendesain web di CorelDRAW.  Memang CorelDRAW sepertinya dibuat bukan untuk mendesain sebuah web tapi lebih ditujukan untuk print design atau kebutuhan cetak mencetak. Tapi karena telah terbiasanya menggunakannya, saya sering menggunakannya untuk membuat sketsa sebuah design web. Baru kemudian untuk mock up lebih lanjut saya beralih di Photoshop. Intinya buat sketsanya aja.

Masalahnya ketika saya export ke file .png atau .jpeg untuk diolah lebih lanjut Photoshop, ukurannya jadi berubah. Padahal saya telah menggunakan satuan pixels juga di CorelDRAW. Heran bin rada pusing hehe…

Gunakan Satuan POINTS, jangan PIXEL untuk  Web Design di CorelDRAW

Setelah saya coba mencoba satu persatu, satuan yang ada di CorelDRAW, ternyata ukuran yang setara dengan satuan pixels di Photoshop adalah satuan POINTS di CorelDRAW. Memang aneh, tapi begitulah adanya, dan saya belum tahu alasannya kenapa?.

satuan pixels dan points di CorelDRAW

Intinya, bagi sobat yang terbiasa menggunakan CorelDRAW untuk membuat sketsa awal sebuah web (seperti saya), gunakan satuan POINTS supaya ukuran gambarnya tidak berubah ketika kita olah lebih lanjut di Photoshop yang mengharuskan satuan PIXELS.

Points di CorelDRAW  = Pixel di Photoshop, kurang lebih begitulah^^

  • usman

    fastabiqul khairat,

    tapi lagi maen bola tuh bro,,

  • Dicky

    Mas bro ada tutorial bikin design web di corel gak? habis bikin di corel file nya di export ke format apa.?

    • kalau tulisan diatas, itu untuk export per-objek jadi .jpeg atau .png. Kalo yang langsung jadi html bisa melalui file -> publish to the web. Cuma masalahnya untuk ukuran gambarnya sayapun masih bingung.

  • jangan lupa mampir k http://www.purikarimun.wordpress.com gan karena komen anda akan jadi saran dan masukan wat kami