Logo, Maskot dan Slogan UEFA EURO 2012 ™

365

Perhelatan EURO 2012 di Polandia dan Ukraina sebentar lagi digelar. Acara sebesar itu tentu saja membutuhkan Logo, Maskot dan Slogan sebagai branding. Seperti EURO sebelumnya, UEFA EURO 2012 pun telah resmi merilis Logo, Maskot dan Slogan untuk mensukseskan perhelatan turnamen sepakbola antar negara di benua Eropa tersebut. Saya tidak akan berbicara tentang bolanya tapi cukup hanya tentang logo dan maskotnya saja yang merupakan ranah desain. Tentu saja sebagai inspirasi bagi saya sendiri. Disamping itu karena ini bukan blog bola hehe…

Logo resmi, identitas visual dan slogan untuk UEFA EURO 2012 ™ telah diresmikan pada acara khusus di Kiev Mykhailivska Square dengan tuan rumah Ukraina dan Polandia dengan slogan ‘Creating History Together‘.

UEFA Euro 2012 logo

Tujuan dari logo tersebut adalah untuk memberikan UEFA EURO 2012 ™ kepribadian sendiri, dengan identitas visual untuk diterapkan di berbagai aplikasi promosi dari tiket untuk banner web. Tujuannya adalah untuk membantu mempromosikan turnamen – salah satu acara terbesar di dunia olahraga – dengan menyediakan sebuah identitas mudah dikenali dengan bumbu dari negara tuan rumah. Inspirasi logo tersebut diambil dari ‘wycinanka’, seni tradisional memotong kertas yang dipraktikkan di daerah pedesaan Polandia dan Ukraina, sebagai penghargaan untuk flora dan fauna daerah.

Logo ‘bunga mekar’ dari UERO 2012 mewakili masing-masing co-host bangsa dan bola sentral yang melambangkan emosi dan gairah kompetisi, sedangkan batang menunjukkan aspek struktural kompetisi, UEFA dan sepak bola Eropa. Alam telah memberikan inspirasi fitur lain identitas visual, dengan hutan hijau, matahari kuning, biru aqua, langit biru dan ungu blackberry menjadi nada penting dari palet warna untuk mencari dalam branding turnamen resmi.

Maskot UERO 2012 : Slavek dan Slavko

Di Portugal pada tahun 2004 ada Kinas. Austria dan Swiss pada tahun 2008 memiliki Trix dan Flix. Sekarang, setelah jajak pendapat dari hampir 40.000 pendukung, Slavek dan Slavko dipilih sebagai nama untuk UEFA EURO 2012 maskot.

UEFA Euro 2012 mascot 2

Beberapa 56% dari 39.233 yang ikut memilih untuk Slavek nama dan Slavko menjelang dua alternatif lain: Siemko dan Strimko (29%) dan Klemek dan Ladko (15%).

UEFA Euro 2012 mascot

Yang satu memakai merah dan putih dari Polandia, yang lain kuning dan biru dari Ukraina. Mereka bahkan memiliki rambut yang dicat dengan warna nasional mereka. Bola di masing-masing kaki mereka, untuk menunjukan bahwa olahraga favorit yaitu sepakbola bisa menyatukan mereka.


sumber : uefa.com dan wikipedia