Logo peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 67 Versi Resmi dan Gaul

Advertisements

Merdeka!!! Kemarin Negara kita Republik Indonesia Tercinta merayakan peringatan hari kemerdekaan yang ke 67. Hampir sama dengan tahun kemarin, perayaan HUT Kemerdekaan kali ini pun jatuh pada bulan Ramadhan.  Jadi perayaannya kurang begitu terasa karena mayoritas masyarakat Indonesia masih  melaksanakan ibadah Shaum. Tentu saja semoga tidak mengurangi pemaknaan akan nilai kemerdekaan itu sendiri, apalagi peringatan HUT Kemerdekaan kali ini jatuh pada waktu yang sama seperti pada tanggal 17 Agustus 1945, yaitu pada hari Jum’at dan dalam bulan Ramadhan pula.

Harapan saya semoga negeri tercinta ini semakin merdeka saja, merdeka dari kemiskinan, kebodohan dan penyakit-penyakit macam korupsi dan lain-lain. Udah 67 tahun lho… Sudah seharusnya makin dewasa dan sejahtera.

Logo Peringatan HUT Kemerdekaan ke 67 Versi Resmi

Setiap tahun Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia ( Setneg ) mengumumkan logo resmi yang digunakan untuk atribut peringatan perayaan HUT Kemerdekaan RI. Dan inilah logo resmi untuk HUT kemerdekaan ke 67 yang kemarin kita peringati,

logo kemerdekaan ke 67 indonesia

Menurut Setneg Tema untuk peringatan tahun ini adalah :

Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Logo Peringatan HUT Kemerdekaan yang Monoton

Banyak yang mengatakan bahwa logo peringatan HUT kemerdekaan RI selalu monoton dari tahun ke tahun.  Setuju atau tidak, itu terserah anda… kalau saya cenderung setuju. :lol: . Tentu saja karena negeri yang besar, kaya akan sumber daya cuma bisa membuat logo yang itu-itu aja dengan perubahan jumlah bendera tiap tahunnya.  Coba perhatikan kumpulan logo peringatan HUT ke 60 sampai 67. Bisa dikatakan mirip, kan?

logo kemerdekaan indonesia dari tahun ke tahun
Tapi logo ke 67 ini  sedikit meleset dari prediksi para master desainer, ternyata gambar benderanya tidak berjumlah 8 tapi cuma tiga sama seperti logo ke 62.  Hanya font yang digunakan pada angka 67-nya dibuat berbeda dengan font yang memiliki garis tengah.

Logo Peringatan HUT Kemerdekaan ke 67 versi GAUL

Bukan orang indonesia jika tidak kreatif… Daripada terlibat debat kusir akan logo peringatan kemerdekaan yang monoton, beberapa desainer malah membuat logo HUT Kemerdekaan versi mereka sendiri alias versi gaul. Ini adalah contohnya…

logo hut kemerdekaan RI ke 67 versi gaul

Logo ini buatan mas gembol. Beliau membentuk Kementerian Desain Republik Indonesia sebagai bentuk protes kreatif terhadap hal-hal yang kurang kreatif di negeri ini. Termasuk tentang logo peringatan HUT Kemerdekaan RI yang cenderung monoton tadi.

Bagaimana menurut sobat, bagus bukan? Bagi yang ingin mendapatkan logo ini silahkan ambil di lapaknya mas gembol.

logo hut kemerdekaan RI ke 67 versi gaul 2
Yang ini sepertinya penyempurnaan dari logo Mas Gembol. Saya lebih suka logo yang ini. Nuansa Garudanya lebih kena dan ada penekanan ONE pada tulisan INDONESIA. Mantap!. Logo ini saya dapatkan di twitter .

Ayo Pilih yang Mana?

Meskipun monoton toh kita harus menghormati versi resmi dari setneg. Apalagi jika logo tersebut akan kita gunakan pada atribut pemerintahan, jadi musti pake logo versi resmi. Saya selalu percaya, selevel kementerian, pasti mikir dulu sebelum membuat sebuah keputusan.

Nah jika logo peringatan HUT tersebut untuk kebutuhan pribadi atau di luar area birokrasi, sepertinya ada celah untuk kita berkreasi menggunakan logo peringatan HUT Kemerdekaan yang kita suka. Contohnya kedua logo versi gaul diatas. Atau mau bikin yang lebih dahsyat lagi… mangga silahkan.

Ternyata google pun ikut mengucapkan selamat buat Indonesia, berikut penampakannya…

hut kemerdekaan indonesia versi google
Tapi sayang ada lomba makan kerupuknya, padahal masih bulan Ramadhan ya… Kita khusnudhon saja, mungkin balap kerupuknya malam sehabis shalat tarawih.
Salam MERDEKA!


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *