Membuat Bingkai/Frame Unik Sederhana di CorelDraw dengan 5 Langkah Mudah

1498

Tulisan Belajar CorelDraw kali ini yaitu tentang Membuat Bingkai/Frame Unik Sederhana di CorelDraw dengan 5 Langkah Mudah yang merupakan pertanyaan dari seorang siswa SMA yang merupakan aktivis di sekolahnya dan sering membuat piagam atau sertifikat untuk berbagai acara yang diadakan oleh organisasinya. Beliau kesulitan menemukan cara membuat bingkai atau frame di CorelDraw secara instan seperti layaknya di Ms. Word.

Nah tulisan kali ini akan menunjukan bahwa meski CorelDraw sering dipakai untuk membuat bingkai atau frame secara manual untuk menghasilkan kreasi tanpa batas, namun sebenarnya CorelDraw pun memiliki beberapa template untuk membuat bingkai atau frame sederhana tapi unik yang bisa kita dapatkan dengan mudah hanya dengan 5 langkah saja.

Cara Membuat Bingkai atau Frame Sederhana di CorelDraw

Bagi yang belum tahu cara mendapatkan template-template bingkai di CorelDraw tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini,

1. Ubah Kertasnya ke ukuran A4

Buat sebuah halaman baru dan sebagai contoh kita gunakan ukuran A4 karena ukuran tersebut adalah ukuran yang paling banyak digunaka oleh masyarakat Indonesia.

membuat frame di coreldraw

2. Buat Kotak dengan Rectangle Tool

Langkah selanjutnya adalah membuat kotak dengan rectangel tool dengan ukuran 18 x 26 cm. Dengan asumsi ukuran tersebut nantinya akan pas dengan ukuran kertas A4 ketika sudah menjadi frame atau bingkai.

membuat frame di coreldraw

3. Convert to Curves

Selanjutnya rubah kotak tersebut kedalam kurva. Caranya dengan memilih menu Arrange >> Convert to Curves atau bisa dengan menekan Crtl + Q.

membuat frame di coreldraw

4. Artistic Media

Selanjutnya pada toolbox pilih artistic media dengan catatan kotak tadi harus masih dalam keadaan terseleksi. Karena kalau tidak teknik ini tak akan berhasil.

membuat frame di coreldraw

5. Brush Template

Selanjutnya tinggal pilih icon brush dan pilih beraneka ragam brush yang disediakan.

membuat frame di coreldraw

Hasilnya kotak yang tadinya hanya berupa garis, akan berubah menjadi sebuah frame atau bingkai sesuai dengan brush yang kita pilih.  Contoh frame atau bingkai yang dihasilkan dengan teknik brushes ini kurang lebih seperti tampak di bawah ini,

frame unik coreldraw

Coba juga Sprayer untuk Mendapatkan Bingkai atau Frame Unik lainnya

Mudah sekali kan Membuat Bingkai/Frame Unik Sederhana di CorelDraw  ini benar-benar cukup dengan 5 langkah saja. Namun jika hasil yang didapat dirasa terlalu sederhana, cobalah icon sprayer pada artistic media.

Caranya ulangi langkah 1-4, nah pada langkah 5 kita ganti dengan memilih icon sprayer.

membuat frame di coreldraw

Hasilnya ada beberapa pilihan bingkai yang lebih komplek daripada icon brush yang awal kita coba. Berikut adalah beberapa frame yang dihasilkan dari teknik sprayer di CorelDraw.

Membuat Bingkai Unik Cepat

Itulah tulisan singkat Membuat Bingkai/Frame Unik Sederhana di CorelDraw dengan 5 Langkah Mudah yang bisa Anda coba sendiri. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel seputar Desain dan CorelDraw lainnya hanya di magzimp.com.