Menentukan posisi sebuah objek terhadap objek lain

646

Trik menentukan posisi sebuah objek atau layer terhadap objek lain sering sekali digunakan dalam dunia design grafis. Karena pada dasarnya sebuah gambar adalah kumpulan dari beberapa objek atau layer yang membentuk suatu kesatuan. Tentu saja akan sangat merepotkan jika kita menentukan posisi sebuah objek secara manual. Untung saja para pengembang software untuk design grafis tanggap akan hal ini, mereka menyediakan fitur ini untuk mempercepat kerja kita. Berikut adalah sedikit penjelasannya.

CorelDraw

Karena mengolah gambar vektor yang kadang menuntut kerapihan tingkat tinggi, jadi fitur ini sangat penting di CorelDraw. Untuk contoh saya akan mengambil ilustrasi sederhana;

Ada dua buah kotak, yang besar warna kuning dan yang kecil merah. Yang kita inginkan adalah menyimpan kotak merah di sudut kiri atas kotak warna kuning.

Pertama klik kotak warna merah, lalu sambil menekan shift klik kotak warna kuning. Kedua gambar akan terseleksi. Lalu klik menur Arrange -> Align and Distribute disana akan muncul beberapa opsi posisi yang diinginkan beserta shortcutnya. Karena kita ingin menyimpan kotak merah tersebut di sudut kiri atas berarti pilih Align Top (T) dan Align Left (L). Begitulah mudah sekali bukan, untuk posisi lainnya silahkan perhatikan gambar berikut + telah disertai shortcut untuk mempercepat pekerjaan kita.

posisi objek

Photoshop

Untuk photoshop tidak jauh berbeda dengan Coreldraw, hanya saja tidak ada shortcut yang bisa kita gunakan untuk mempercepat pekerjaan kita (atau saya saja yang tidak tahu ^^). Setelah kita memilih dua buah layer maka pada tab “option” (letaknya dibawah kumpulan menu) akan muncul penampakan seperti ini,

posisi objek 2Cara mainnya yaitu dengan menekan icon posisi yang diinginkan. Karena kita ingin posisi sudut kiri atas berarti klik icon nombor 1 untuk atas dan nomor 4 untuk kiri. (Jika gambar diberi nomor dari kiri ke kanan).

Tambahan : Ketemu juga di CSS

Ternyata kasus seperti itu juga saya temukan di CSS, kebanyakan ketika ingin meletakkan background berupa gambar kedalam sebuah tag HTML. Contohnya kita ingin meletakkan background berupa gambar besar untuk latar website. Maka si gambar tersebut diletakkan dalam body dengan posisi atas tengah. Untuk CSS nya bisa ditulis sebagai berikut,

Begitulah kisah sederhana dan mendasar tentang posisi sebuah objek terhadap objek lain. Selamat mencoba dan salam!

SHARE
Previous articleMengatur Kategori, Tag, Komentar dan Terbitkan!
Next articleCSS3 : text shadow
Seorang desainer sekaligus blogger dengan hobi tidur siang. Hanya belajar, belajar dan belajar.... Seperti kata naruto "Tak ada jalan pintas untuk menjadi seorang Hokage".