Mengenal Jenis Gambar

Advertisements

Ada 2 jenis gambar yang dikenal dalam dunia digital yaitu gambar bitmap dan gambar vektor.

Gambar Bitmap

Gambar bitmap adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang mempunya warna tertentu dan berdiri sendiri sehingga membentuk sebuah gambar. Karena gambar jenis ini berupa kumpulan titik yang bersatu sehingga kerapatan dari titik – titik tersebut menentukan kualitas gambar yang dibentuknya. Maka dikenallah istilah Resolusi dengan satuan pixel dan dpi (dot per inch).

Cara yang paling mudah untuk mengenali gambar jenis ini adalah dengan cara memperbesar gambar tersebut dengan pasilitas zoom in, semakin diperbesar maka akan tampak buram, kemudian terlihat kotak – kotak dan pada zoom in tingkat akhir hanya akan terlihat kumpulan titik – titik.

gambar bitmap

Contoh software yang berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop, Paint, dan CorelPhotoPaint. Adapun ekstensi file gambar bitmap diantaranya JPG/JPEG, BMP, TIFF, GIF dan PNG. Output data dari kamera digital dan scanner pun biasanya berupa tipe gambar ini.

Gambar Vektor

Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.

gambar vektor

Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.

Software yang digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, dan lain-lain. Contoh ekstensi file Vektor antara lain adalah CDR, CGM dan SVG. Tipe ini lebih sering digunakan dalam dunia percetakan.


referensi : http://belajarit.um.ac.id

Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *