Merubah file Adobe Ilustrator (AI) ke CorelDRAW (CDR) atau CDR ke AI dengan bantuan PDF

Advertisements

Ketika saya main di situs freelance,  saya sering kagum oleh karya para kontestan. Warna – warna yang mereka gunakan keren, lembut dan serasi. Kebanyakan mereka menggunakan Adobe Ilustrator untuk mendesain gambar vektor. Adobe Ilustrator adalah dunia baru bagi saya, soalnya sehari-hari saya menggunakan CorelDRAW sebagai penghasil dan pengolah gambar vektor. Setelah saya banding-banding kan ternyata salah satu kekurangan CorelDRAW adalah masalah warna. Menurut saya  Adobe Ilustrator selangkah lebih didepan untuk urusan warna. Alasannya saya pun kurang tahu tapi begitulah yang saya rasakan :lol: ( ciri khas amatir )

Tapi karena saya yang sudah terbiasa atau terbiasakan oleh CorelDRAW , saya sedikit kesulitan menggunakan Adobe Ilustrator. Saya kesulitan menerapkan teknik memotong objek, menentukan posisi objek terhadap objek lain dan teknik lainnya pada Adobe Ilustrator. Di sisi lain saya suka dengan penggunaan warna di Adobe Ilustrator. Saya ambil jalan tengah, saya mendesain di CorelDRAW terus untuk finishing pewarnaan saya alihkan ke Adobe Ilustrator.

File CDR ke AI

Bagaimana caranya? Ternyata mudah… setelah kita selesai mendesain, kita save as sebagai file Adobe Ilustrator (AI) . CorelDRAW baik menyediakan fitur tersebut. Letaknya di File – Save As.

cdr to ai

Masalahnya ketika desain kita di CorelDRAW terdiri dari beberapa halaman, maka kita harus melakukan save as sebanyak jumlah halaman yang kita buat dan hasilnya akan ada file AI sejumlah halaman desain kita. Sedikit merepotkan :oops: . Tenang…  CorelDRAW masih baik, kita bisa merubahnya ke file Adobe Reader atau PDF. Letaknya di File – Publish to PDF. Hasilnya hanya terdiri dari satu file yang terdiri dari beberapa halaman seperti aslinya.

File Ai ke CDR

Sekarang kebalikannya, bagaimana cara merubah file Adobe Ilustrator atau AI ke file CorelDRAW atau CDR sedangkan tidak ada opsi file CDR pada fitur Save As di Adobe Ilustrator? Mudah juga…  Kita Save As jadi file Adobe Reader alias PDF.

ai to cdr

Cara merubah file Adobe Ilustrator (AI) menjadi file CorelDRAW (CDR) atau sebaliknya dari CorelDRAW (CDR) menjadi Ilustrator (AI) ini bisa berjalan karena ternyata baik Ilustrator maupun CorelDRAW bisa membaca file PDF sama baiknya :)

Demikian dulu sharing kali ini, ide tulisan ini muncul ketika mendengar keluhan seorang teman ketika kontes desain yang ingin ia ikuti meminta file AI sebagai  file akhir. Sedangkan dia kurang mahir Ilustrator seperti saya. Jadi intinya desain dulu aja di CorelDRAW, jika menang dan harus mengirimkan file .AI kita minta bantuan PDF. Begitu pun sebaliknya, jika mahirnya Ilustrator tapi yang diminta adalah .CDR ya kita minta bantuan lagi ke PDF seperti cara diatas.

Jika ada yang lebih paham cara terbaik untuk merubah File CDR ke AI atau sebaliknya, beritahu saya di kotak komentar. Ditunggu ya..


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *