Membuat Background Transparan dan Mengganti Background dengan Photoshop

Advertisements

Kali ini saya akan menulis bagaimana caranya membuat background transparan sekaligus mengganti background dengan photoshop. Ini memang tutorial dasar dari photoshop yang diminta oleh salah seorang guru saya sewaktu belajar di SMAN 1 Cianjur. Kesulitan beliau adalah ketika akan menggunakan logo SMAN  1 Cianjur pada aplikasi lain seperti Microsoft Word, pinggiran putih pada logo tersebut masih tampak sehingga terlihat kurang cantik dan indah.

logo sman 1 cianjur

Jika logo tersebut disimpan pada background selain putih akan terlihat seperti logo pertama diatas, nah tulisan singkat ini akan menjelaskan bagaimana supaya tampak seperti logo kedua.  Langsung saja…

Langkah pertama, buka logo yang ingin kita buat backgroundnya menjadi transparan, dalam contoh ini adalah logo SMAN 1 Cianjur. Kemudian duplikat dengan menekan Crtl+J. Sehingga sekarang kita memiliki 2 buah layer. Hapus layer ‘background’ dengan cara membuangnya ke icon tempat sampah di pojok kanan bawah. Lihat gambar dibawah.

logo sman 1 cianjur drag

Selanjutnya pilih magic wind tool ( W ) dan seleksi dengan cara tekan klik kiri pada warna putih yang ingin kita buang. Karena warna putih adalah warna solid maka biasanya akan langsung terseleksi sempurna. Sekarang tinggal tekan Delete untuk membuang warna putih tersebut.

logo sman 1 cianjur klik

Hasilnya kita akan mendapatkan logo SMAN 1 Cianjur tanpa warna putih dengan background transparan.

logo sman 1 cianjur transparan

Sekarang tinggal Save As dan pilih format .PNG. Supaya logo tersebut tetap akan memiliki background transparan meskipun kita gunakan dalam aplikasi Ms. Word, Powerpoint atau Excel seperti yang diinginkan oleh guru saya.

Bagaimana Caranya Mengganti Background Dari Logo Tersebut?

Caranya dengan menduplikat logo tersebut dengan menekan  Crtl + J . Pilih layer yang paling bawah lalu beri warna yang diinginkan dengan menekan Crtl+Backspace atau Alt+Backspace. Sekarang logo tersebut telah memiliki warna background yang baru tergantung warna yang anda pilih pada color picker.

Jika background baru tersebut berupa image atau gambar yang terpisah, tinggal kita drag logo tersebut ke image yang akan kita jadikan background atau sebaliknya. Biar mudah saya kasih contoh, logo yang telah kita buat backgroundnya transparan tadi akan saya gunakan pada bagian footer sebuah desain.

logo sman 1 cianjur ganti background
Saya drag logo tersebut ke dalam image desain, lalu meletakannya sesuai kebutuhan. Lihat gambar diatas supaya lebih jelas. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami… ^^


Ket : drag adalah teknik menyeret sambil menahan klik kiri dengan move tool (V)


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *