Membuat garis lurus di photoshop

Advertisements

Bagi yang sudah mahir main photoshop, membuat garis lurus mungkin perkara yang sepele. Tapi bagi yang baru mengenal photoshop, urusan membuat garis lurus lumayan merepotkan. Hal ini karena photoshop tidak menyediakan tools khusus untuk membuatnya. Seperti kesan pertama saya (tentu saja kurang tepat) pada software ini, “tidak ada ukuran, semua hanya perasaan”.

Postingan ini sekaligus sebagai tanggapan dari pertanyaan seorang sahabat yang berkomentar di blog wordpress.com saya. Beliau bertanya mengenai membuat garis lurus di photoshop ini. Mohon maaf tanggapannya lambat.

Rumusnya sederhana

Langkah pertama, buka dulu photoshopnya, lalu buat canvas baru (Crtl+N) ukuran bebas. Kemudian pada tool bar pilih Brush tool (B).

Langkah berikutnya, pada canvas kita buat buat titik awal garis dengan klik kiri sambil menekan tombol shift lalu buat titik akhir dengan klik kiri sambil menekan tombol shift juga (jangan di”drag”)

Hasilnya titik awal dan titik akhir tersambung dan menjadi garis lurus.

Supaya lebih jelas lihat gambar

garis lurus

Membuat navigasi untuk gambar tutorial

Ketika membuat sebuah tutorial, kadang diperlukan gambar untuk memperjelas penjelasan. Dan untuk memaksimalkan fungsi gambar kadang perlu semacam gambar tambahan berupa navigasi dan keterangan. Contohnya pada gambar diatas, saya menambahkan gambar panah dan tulisan untuk memperjelasnya.

Untuk membuat tanda panah semacam itu tinggal menggabungkan 3 buah garis lurus.

Membuat frame

Sering saya melihat photo – photo pernikahan yang di pinggirnya ditambahkan frame sederhana untuk memberi sedikit nuansa “grunge”. Pada dasarnya itupun menggunakan teknik garis lurus ini. Titik awal dan akhir garis lurusnya ditempatkan pada tiap sudut photo sehingga tampak seperti frame. Tinggal dipilih jenis brush, warna dan opacity yang sesuai dengan selera.

Contoh sederhananya seperti ini,

garis lurus

Dalam dunia blog, teknik frame seperti ini berguna bagi blog yang image di postingannya tidak diberi border di file css-nya. Misalkan sebuah gambar berwarna putih akan tidak nampak batasnya ketika bertemu background blog yang dominan putih juga. Akhirnya jadi kurang sedap dipandang. Dengan memberi frame pada gambar, maka masalah seperti ini akan teratasi.


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. william samuel
  2. Agito
  3. kukuh
  4. nantaPD
  5. nchoose
    • Agito
  6. widi
  7. Alfia
  8. wisnu samino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *