Situs freelance khusus untuk desainer web dan grafis

Advertisements

Hanya sedikit berbagi info tentang 2 forum atau situs freelance yang khusus diperuntukan bagi para desainer web dan grafis, dijamin tidak ada coding-codingan . Bahkan HTML dan CSS pun tidak ada. Murni Photoshop dan Ilustrator aja (mock up).

Saya mulai daftar minggu kemarin dan baru ikut 2 kontes di salah satu situs freelance tersebut. Setelah terjadi beberapa kali feedback dan koreksi akhrinya tetap belum ditakdirkan jadi juara. :gubrak: Kecewanya hilang ketika melihat desain yang jadi pemenang ternyata selangkah lebih maju baik dari segi konsep, ide maupun teknik. :malu: Sisi baiknya jadi semangat untuk belajar lagi. Serasa 10 tahun lebih muda :lebay:

99Designs.com

99designs-logo-rSaya pernah daftar di situs freelancer lain tapi rasanya lebih mudah memahami alur UI 99designs. Dijamin tidak akan tersesat meski baru pertama kali gabung. Pendaftarannya standar, tidak terlalu ribet. Alat pembayaran yang digunakan komplit mulai dari paypal sampai western union.

Pilihan kontesnya banyak, mulai dari mendesain sebuah logo, website, kaos sampai kontes mendesain brosur dan kartu nama pun ada. Jadi tinggal pilih dimana kita lebih ahli…

Orang Indonesia banyak yang main disini, meski bendera negara asal kadang disembunyikan (optional), tapi melihat nickname yang digunakan, bisa langsung diketahui bahwa mereka orang Indonesia juga.

Enaknya tidak ada sistem rating bagi Desainer di situs freelancer ini. Jadi begitu gabung bisa langsung bersaing dengan desainer lain. Memang kadang si Contest Holder melihat fortpolio kita, tapi jangan terlalu dipikirkan toh yang paling menentukan adalah bagaimana karya kita di kontes tersebut.

Brandstack.com

brandstackYang ini khusus untuk desainer logo dan memiliki konsep yang agak berbeda dengan situs freelance lain. Yang ini lebih seperti toko online untuk logo – logo premium, sekaligus sebagai sosial media bagi para desainer logo, karena kita bisa saling follow dan komentar seperti di twitter atau digg.

Cara kerjanya begini, kita bebas membuat logo apa aja yang penting bagus trus jika lolos seleksi, bisa kita pajang dan kita jual. Ketika ada yang minat baru kita dapat bayaran. Kreatif juga…

Menurut saya pendaftarannya lebih rumit daripada di 99designs dan seleksi logo supaya bisa dipajang pun cukup ketat. Mereka sepertinya punya tim ahli. Mungkin ingin menjaga image supaya situs freelance ini tempat logo – logo rasa premium.

Alasan saya gabung disini kurang lebih untuk mempraktekan ilmu azas manfaat. Logo – logo yang tidak menang di 99designs rencananya akan saya modifikasi sedikit dan di ajukan ke Brandstack ini. Rencananya begitu…

Begitulah… bagi yang tertarik silahkan dicoba. Dan bagi para master di kedua situs freelance tersebut, ditunggu sharing ilmunya lewat kotak komentar. Supaya kami para newbie bisa tercerahkan. :hope:

Untuk situs freelance yang ada koding – kodingan silahkan baca di RuangFreelance . Disana pun ada banyak info menarik seputar dunia freelance.

Salam.


Advertisements
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Comments
  1. kang ian dot com
  2. agito
    • Andy
  3. angel
  4. achoey
  5. situs dofollow
  6. hafiz
    • Andy
  7. Zaza
  8. Rāma Putra Īśvara
  9. Andy
  10. Mans
    • Agito
  11. Hendry Wijaya
  12. alek
  13. meylisha
  14. Michael

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *