Instalasi XAMPP di localhost

253

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah perangat lunak yang dapat menyediakan tool Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin kedalam satu buah paket saja…mmmh begitulah kira2..hehe mundeg nieh kalo ditanya mahluk apa itu yang namanya XAMPP?, yang jelas XAMPP ini sangat membantu ketika kita berurusan dengan script seperti PHP, Javascript, HTML, AJAX, dan web-scripting lainnya. Kita dapa merancang atau membuat sebuah website tanpa harus terhubung secara langsung dengan jaringan internet (work offline) sehingga proses pembuatan web dapat lebih cepat dan mudah dilakukan.

Misalkan kita ingin menampilkan kata sakti  “Hello World” di browser . Berikut contoh skrip  serderhana yang ditulis  dengan menggunakan notepad atau notepad++ atau PHP editor lainya dan simpan sebagai sayhello.php

<?php

echo “Hello World!”;

?>

Tanpa XAMPP, ketika menuliskan localhost/sayhello.php di browser akan muncul error “Failed to Connect”.

Nah ,sekarang kita coba install XAMPP, langkah-langkah nya:

  1. Download versi terbaru XAMPP dinisi.
  2. Install XAMPP, ikuti langkah-langkah instalasi nya.
  3. Diakhir intalasi akan muncul pesan “Install XAMPP servers (Apache, MySQL or FileZilla FTP) as service?”. klik saja No agar XAMPP tidak masuk ke dalam proses sevice pada system operasi komputer kita. Dengan demikian, komputer tidak terbebani akibat dari XAMPP yang berjalan terus menerus.
  4. Buka XAMPP Control Panel, kemudian click ‘Start’ pada bagian Apache dan MySql.

Simpan file “sayhello.php” di C:\xampp\htdocs (default win XP). Kemudian ketik http://localhost/sayhello.php di browser, akan muncul tulisan Hello World!.

Atau, file/skrip dapat pula disimpan di dalam folder baru, misal nama folder-nya “skripku”.untuk mengeksekusi skrip, pada browser ditulis http://localhost/ skripku /sayhello.php.

SHARE
Previous articleMengenal Jenis Gambar
Next articlePengenalan Dasar PHP
"Jangan kecewa apabila hasil yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan, Percaya bahwa semuanya adalah kesuksesan, bukan kegagalan. Mengapa saya punya banyak kesuksesan? saya tahu banyak usaha yang gagal." - Thomas Alfa Edison -