Sekilas Tentang Pulse Width Modulation PWM

357

Apa itu PWM?
Pulse Width Modulation (PWM), atau  Pulse Duration Modulation (PDM) atau dalam bahasa kita dapat diartikan sebagai modulasi lebar pulsa, adalah teknik modulasi yang digunakan dalam sistem komunikasi untuk mengkodekan amplitudo sinyal ke lebar pulsa (durasi) dari sinyal lain. Meskipun teknik modulasi ini dapat digunakan untuk mengkodekan informasi untuk transmisi, penggunaan utamanya adalah untuk memungkinkan kontrol daya yang diberikan ke perangkat listrik, seperti putaran motor dan nyala bola lampu.
Melalui  teknik PWM lebar pulsa dalam satu perioda dapat dimanipulasi untuk mendapatkan output tegangan  rata-rata yang berbeda.  Ciri khas dari PWM adalah adanya duty cycle.
Bagaimana PWM dibentuk?

PWM-on-off-lamp-medium

Marilah  kita perhatikan gambar di atas,  SWITCH on-off, sebuah bola lampu LAMP dan sumber tegangan BATTERY (9 Volt). Saat saklar SWITCH di tekan on lampu LAMP akan menyala dan ketika saklar dilepas off lampu akan padam. Jika waktu saat on sama dengan waktu off,  pulsa yang terbentuk akan terihat seperti gambar dibawah ini. Pada keadaan ini duty cycle dari sinyal yang terbentuk adalah 50%.

PWM-50-small

Untuk medapatkan tegangan output Vout rata-rata yang berbeda, dapat dilakukan dengan mengatur waktu Ton dan waktu Toff dari pembentukan pulsa.

PWM-vout-medium

Dari persamaan diatas, kita dapat melihat bahwa Vout ditentukan dengan perbandingan dari Ton dan T. semakin besar waktu Ton akan semakin besar Vout yang dihasilkan. Dengan T adalah periode dari pulsa yang dibentuk.
Dalam aplikasi, frekuensi pulsa yang dibentuk biasanya lebih besar dari 50Hz. Dalam 1 detik kita menekan saklar sebanyak 50 kali???…:-(
Jangan khawatir  bagi para penggemar Mikrokontroler, pembangkit pulsa PWM disediakan sebagai bagian dari fitur Timer Counter.

Sekian tulisan singkat mengenai Sekilas Tentang Pulse Width Modulation PWM, nantikan artikel berikutnya mengenai aplikasi PWM dan Mikrokontroler yang merupakan kelanjutan dari artikel ini…

 

–SEMOGA BERMANFAAT–